Pemkab Bogor Gencar Lakukan Koordinasi untuk Peningkatan Status Gizi Balita

KABUPATEN BOGOR – Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor (Pemkab Bogor) terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan masyarakat dengan menggelar Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) di Bigland Hotel, Babakan Madang, Senin (9/10/23). Fokus rapat adalah publikasi Status Gizi Balita Tahun 2023.

Aspem Kesra Kabupaten Bogor, Hadijana, menyampaikan komitmen Pemkab Bogor dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya melalui peningkatan status gizi dan kesehatan ibu dan anak. Upaya ini melibatkan penurunan angka stunting, mengurangi angka kematian ibu dan anak, serta menekan penyakit tidak menular.

Berita Lainnya

Hadijana menyoroti pentingnya penguasaan teknologi kesehatan, implementasi perilaku hidup bersih, dan transformasi positif dalam pelayanan kesehatan primer. Puskesmas diidentifikasi sebagai garda terdepan yang memainkan peran krusial dalam kondisi rawan atau krisis.

“Pelayanan kesehatan primer harus diperkuat, dan puskesmas sebagai fasilitas kesehatan pertama perlu diberdayakan. Ini sebagai wujud nyata kehadiran pemerintah di tengah masyarakat,” ungkap Hadijana.

Ia juga mendorong infocast untuk terus mendukung peningkatan gizi dan kesehatan ibu serta anak dengan mengoptimalkan program yang sudah berjalan. Langkah lain mencakup peningkatan kapasitas petugas kesehatan, sinergi dengan pemangku kepentingan seperti posyandu, PKK, LSM, media, dan lainnya.

“Saya harap rapat koordinasi ini dapat memberikan langkah-langkah strategis untuk pemecahan masalah kesehatan masyarakat, demi terwujudnya Karsa Bogor Sehat,” tambahnya.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor, Agus Fauzi, juga berharap pertemuan ini dapat memperkuat koordinasi pelayanan kesehatan keluarga di Kabupaten Bogor, termasuk percepatan penurunan angka stunting.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan