Pasar Kreatif Bandung 2023 Sukses Raih Omzet Rp6,7 Miliar

Bogor Traffic, BandungPasar Kreatif Bandung 2023 terus menggeliat. Kegiatan yang dimulai sejak 30 Juni 2023 saat ini sedang berlangsung di 23 Paskal.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung melaporkan bahwa omzet Pasar Kreatif Bandung 2023 telah mencapai angka Rp6,7 miliar. Jumlah ini merupakan hasil akumulasi dari empat titik Pasar Kreatif, yakni Bandung Indah Plaza, Trans Studio Mall, Cihampelas Walk, dan Paris Van Java.

Berita Lainnya

“Omzet saat ini berada di angka Rp6,7 miliar. Ini belum termasuk dari gelaran di 23 Paskal, karena baru berlangsung selama 3 hari. Setelah itu, masih ada 2 titik lagi di Kings Shopping Center dan Festival Citylink,” ujar Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah.

Pada tahun sebelumnya, Pasar Kreatif Bandung berhasil mencatat omzet hingga Rp8,62 miliar. Elly berharap, edisi 2023 dapat melebihi pencapaian tersebut.

“Kita masih ada 2 titik lagi, dan ini juga belum termasuk data dari gelaran di 23 Paskal. Harapannya, kita bisa melampaui capaian tahun lalu,” tambahnya.

Elly juga menyebut bahwa Pasar Kreatif Bandung 2023 menampilkan 42 persen wajah baru dari pelaku UMKM asal Kota Bandung. Seleksi ketat dilakukan dalam memilih wajah-wajah baru ini.

Namun, sekitar 15 persen dari pelaku UMKM adalah wajah lama yang sudah konsisten mengikuti Pasar Kreatif sejak pertama digelar.

Menurut Elly, wajah-wajah lama ini merupakan jenama (brand) UMKM yang telah stabil, sehingga diharapkan dapat memberi dukungan kepada para pelaku UMKM baru.

“Di titik 23 Paskal ini, saya dengar omzet mereka juga sangat luar biasa, terutama di akhir pekan,” ujarnya.

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, yang turut meninjau kegiatan Pasar Kreatif, memberikan apresiasi atas keberhasilan acara tersebut. Ia menyatakan kebanggaannya bahwa produk UMKM Kota Bandung mampu beradaptasi dengan kebutuhan zaman.

“Desain, paduan warna, dan inovasi produk dari mereka sudah luar biasa. Saya juga mendengar bahwa salah satu produk jam mereka menjadi suvenir pada acara G20,” katanya.

Ema juga mengapresiasi seluruh pihak yang turut sukses menyelenggarakan Pasar Kreatif 2023, terutama pihak mal yang memberikan ruang bagi pelaku UMKM Kota Bandung untuk memamerkan dan menjual produk mereka.

“Saya atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara, termasuk pihak mal yang telah memfasilitasi pelaku UMKM Kota Bandung untuk menjual produknya,” ucapnya.

Sebagai informasi, Pasar Kreatif Bandung adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh Disdagin Kota Bandung bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung, dengan dukungan dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) dan Bank BJB. Acara ini telah digelar sejak tahun 2020 dan tahun ini merupakan pelaksanaan Pasar Kreatif Bandung yang ke-4.

Pada gelaran tahun ini, Pasar Kreatif Bandung berlangsung di beberapa lokasi, antara lain:

  1. Bandung Indah Plaza, 30 Juni – 9 Juli 2023,
  2. Trans Studio Mall, 14 – 23 Juli 2023,
  3. Cihampelas Walk, 14 – 23 Juli 2023,
  4. Paris Van Java, 21 – 30 Juli 2023,
  5. 23 Paskal, 28 Juli – 6 Agustus 2023,
  6. The Kings Shopping Center, 4 – 13 Agustus 2023,
  7. Festival Citylink, 11 – 20 Agustus 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan