Jokowi Yakin Indonesia akan Pemasok Sel Baterai Terbesar di Dunia

Bogor Traffic, Bisnis, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mengunjungi pabrik sel baterai pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Pabrik ini direncanakan akan memasok kebutuhan baterai kendaraan listrik milik Hyundai mulai tahun depan.

Pabrik sel baterai ini merupakan milik PT Hyundai LG Industri (HLI) Green Power yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Perusahaan ini adalah hasil dari kerja sama antara Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution.

Berita Lainnya

Jokowi mengungkapkan bahwa pabrik sel baterai ini akan memulai produksinya pada awal tahun depan. Kapasitas pabrik ini mencapai 30 juta sel baterai, yang mampu memasok kebutuhan untuk 180 ribu mobil listrik.

“PT HLI Green Power akan memulai produksi 30 juta baterai sel pada awal tahun depan. Ini merupakan pabrik terbesar di Asia Tenggara, bahkan yang pertama di Asia Tenggara saat ini,” ujar Jokowi seperti yang dikutip dalam keterangan resmi di laman Setpres pada Minggu (17/9/2023).

Presiden Indonesia juga menegaskan bahwa pembangunan pabrik ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Diharapkan, Indonesia akan menjadi pemasok global baterai kendaraan listrik.

“Dengan membuka rantai pasok global, kita dapat mengurangi ketergantungan negara lain terhadap baterai sel kendaraan listrik kita. Ini merupakan langkah besar menuju kemandirian dalam industri baterai sel kendaraan listrik,” kata Jokowi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan