Made Fresh di Bogor, Destinasi Agro Edu Wisata yang Menawarkan Pengalaman Memetik Melon Langsung dari Pohon

bogortraffic.com, Lintas Wisata – KOTA BOGOR, dengan berbagai potensi wisata, kini menawarkan pengalaman unik di Made Fresh, perkebunan melon di Jalan Paving, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara. Pengunjung dapat merasakan sensasi memetik buah melon langsung dari pohonnya dan mendapatkan edukasi seputar penanaman, perawatan, hingga masa panen melon.

“Made Fresh merupakan model pertanian kekinian dengan green house berukuran optimal, menggunakan sistem hidroponik untuk hasil yang lebih melimpah. Keberadaannya bukan hanya membawa konsep pertanian modern, tapi juga menciptakan daya tarik wisata yang dapat menjadi agro edu wisata bagi masyarakat,” ujar Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

Berita Lainnya

Selama kunjungannya, Sekda Syarifah ikut merasakan pengalaman memetik buah melon dan mencicipi langsung buah yang baru dipanen. Keberadaan Made Fresh diharapkan menjadi contoh dalam transformasi industri pertanian dengan konsep 100% fresh, 100% hidroponik, dan 100% sehat.

Pengelola Made Fresh, Anni Nuraini, menjelaskan bahwa perkebunan ini didirikan pada tahun 2020 dengan dua green house yang menampung sekitar 2.100 pohon melon. Jenis melon yang ditanam antara lain Hamigua, Rangipo, dan Golden Emerald, masing-masing dengan karakteristik tekstur dan rasa yang berbeda.

“Kami fokus pada kualitas dengan proses seleksi yang ketat. Buah melon yang berkualitas dipasarkan ke supermarket dan juga dijual langsung kepada pengunjung yang datang ke kebun. Seiring berjalannya waktu, kami mengembangkan Made Fresh menjadi destinasi agrowisata yang menarik,” kata Anni Nuraini.

Made Fresh tidak hanya menjadi pusat pertanian produktif, tetapi juga menawarkan kunjungan edukatif bagi masyarakat. Proses budidaya, teknologi hidroponik, dan pengalaman memetik buah sendiri menjadi daya tarik utama. Dengan 75% penjualan langsung dari kebun ke pembeli, potensi pertanian perkotaan di Kota Bogor semakin berkembang.

“Kami percaya bahwa pertanian perkotaan memiliki pasar yang baik di Kota Bogor. Made Fresh tidak hanya memasok melon berkualitas tinggi ke pasar, tetapi juga menciptakan pengalaman wisata yang berkesan bagi pengunjung,” tambah Anni Nuraini.

Dengan demikian, Made Fresh memberikan kontribusi positif dalam memajukan pariwisata dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pertanian berkelanjutan di tengah kota.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan