Tinjau Pengangan Longsor di Tol Bocimi, Menko PMK Pastikan Semua Lancar

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau penanganan jalan longsor di di KM 64+600 Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (17/4/2024). (Foto: Humas Menko PMK)

Bogortraffic.com, JAKARTA– Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan penanganan longsor di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Km 64+600 berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah sudah ditangani dengan baik.”ujar Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Berita Lainnya

Muhadjir akan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan penanganannya di Tol Bocimi. Ia pun turut meninjau langsung penanganan bersama Kepala BNPB Suharyanto pada Rabu siang, melihat progres penanganan yang dilakukan oleh pihak PUPR dan pengelola jalan tol. Ia menambahkan bahwa ruas jalan tol yang longsor sudah diberikan pasak tiang besi sebagai penyangga agar kokoh.

Menurut Muhadjir, kejadian longsor di KM 64 Tol Bocimi yang bertepatan dengan padatnya mobilitas pemudik selama Lebaran merupakan kejadian yang tidak diduga.

“Karena itu saya juga mohon maaf pada para pemudik yang tidak bisa memanfaatkan fasilitas luar biasa ini karena adanya peristiwa bencana,” ujarnya.

Sementara itu, ruas jalan Tol Bocimi saat ini sudah kembali ditutup untuk fokus pada tahap penanganan perbaikan.

“Mudah-mudahan ini bisa segera selesai. Diperkirakan dalam waktu 3-4 bulan. Harapannya, pada libur Tahun Baru Nataru, jalur ini sudah bisa dilewati secara normal,” ujarnya.

Di sisi lain, pengelola jalan tol, operator jalan tol, bersama pemerintah daerah bergerak cepat dan berkoordinasi untuk mencegah kejadian serupa terulang.

“Mudah-mudahan ini tidak terjadi lagi. Tentu saja dari berbagai pihak terus mencermati kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di berbagai titik,” ujar Muhadjir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan