300 Jemaah Safari Wukuf Lansia Kembali ke Kloter, PPIH: Penuh Haru dan Tangis Bahagia

Pemulangan Jamaah Haji Lansia dan Disabilitas diwarnai rasa haru dan bahagia (Dok. Istimewa)

bogortraffic.com, MAKKAH – Proses pemulangan sebanyak 300 jemaah haji yang mengikuti safari wukuf lansia dan disabilitas non mandiri telah berhasil dilaksanakan dengan sukses. Mereka kembali bergabung dengan kelompok terbang atau kloternya pada hotel masing-masing di Makkah pada tanggal 19 Juni 2024.

Pemulangan ini, yang dilakukan dari hotel transit ke hotel kloter di sektor Makkah, berlangsung selama 13 Zulhijjah 1445 H atau 19 Juni 2024, dengan penuh perasaan haru dan tangis bahagia.

Berita Lainnya

Slamet Sodali, Kepala Bidang Layanan Lansia dan Disabilitas di Makkah, menyatakan kelegaannya atas kesuksesan pemulangan ini.

“Alhamdulillah, seluruh jemaah haji safari wukuf lansia dan disabilitas non mandiri sudah kembali bergabung dengan jemaah lainnya di kloter masing-masing. Mereka kemarin secara bertahap kami kembalikan, sejak pagi sampai dini hari, dalam suasana penuh haru dan tangis bahagia,” terang Kepala Bidang Layanan Lansia dan Disabilitas Slamet Sodali di Makkah, Kamis (20/6/2024).

Para jemaah ini sebelumnya menghabiskan waktu seminggu di hotel transit di wilayah Aziziyah sebelum diberangkatkan menuju Arafah untuk menjalani ibadah wukuf. Mereka dilayani dengan penuh perhatian oleh petugas selama 24 jam, membentuk ikatan emosional yang erat.

Jemaah safari wukuf lansia dan disabilitas non mandiri ini tidak hanya menjalani ibadah haji dengan lancar, tetapi juga mendapat perhatian khusus dalam semua aspek, mulai dari transportasi hingga penginapan. Mereka dibimbing dengan baik oleh petugas selama proses lontar jumrah dan thawaf ifadlah.

“Kami sangat bersyukur, proses Safari Wukuf Lansia dan Disabilitas Non Mandiri tahun ini berjalan lancar. Jemaah dalam keadaan sehat hingga kembali ke kloter masing-masing,” tambah Slamet.

Proses pemulangan jemaah haji Indonesia secara keseluruhan akan dimulai pada 22 Juni 2024. Slamet Sodali berharap agar semua jemaah bisa kembali ke Tanah Air dengan predikat haji mabrur dan berkumpul dengan keluarga mereka dalam keadaan sehat.

“Dalam doa kami, semoga mereka semua bisa kembali ke Tanah Air dengan predikat haji mabrur, serta berkumpul dengan keluarganya dalam keadaan sehat. Aamiin,” pungkasnya.

Berita ini menjadi kesaksian atas upaya maksimal pemerintah dalam memastikan semua jemaah haji, termasuk yang berkebutuhan khusus, dapat menjalani ibadah haji dengan lancar dan khidmat.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, bersama Staf Khusus Menteri Agama, Ishfah Abidal Aziz, turut serta dalam prosesi pemulangan ini. Mereka memberikan pengawalan dan bantuan kepada jemaah haji dalam setiap tahapan ibadah mereka.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan