Pemkot Bogor Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Aman Dikonsumsi

Lapak pedagang hewan kurban di Pusat Strandarisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Kementan, Kota Bogor. (Foto: Dok Kementan)

bogortraffic.com, KOTA BOGOR- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memastikan bahwa hewan kurban yang dijual kepada masyarakat harus sehat dan aman untuk dikonsumsi. Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Pemkot Bogor telah melakukan monitoring ke sejumlah sentra penjualan hewan kurban untuk memastikan kebersihan tempat dan kesehatan hewan yang dijual.

Kepala DKPP Kota Bogor, Chusnul Rozaqi, menyatakan bahwa pemerintah akan terus melakukan pengawasan terhadap sentra penjualan hewan kurban. Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan hewan kurban di pasaran dalam kondisi baik dari sisi kesehatan dan sesuai dengan syariat agama.

Berita Lainnya

“Ini adalah kegiatan rutin yang kami lakukan mudah-mudahan terus berlanjut. Kehadiran pemerintah dari pusat maupun daerah untuk memastikan dan melakukan pengawasan terhadap kesiapan dari hewan kurban, baik itu dari kesehatannya maupun menurut syariat agama. Dan ini harus ditingkatkan, artinya nanti tidak boleh lagi ada lapak-lapak yang kotor, yang mengganggu estetika kota,” jelas Chusnul pada Jumat (14/6/2024).

Pemkot Bogor bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan IPB University akan melakukan peninjauan kembali ke beberapa sentra hewan kurban untuk memastikan kondisi tempat dan kesehatan hewan kurban.

Masyarakat yang hendak membeli hewan kurban berhak untuk menanyakan sertifikat kesehatan hewan kurban kepada penjual guna memastikan bahwa hewan yang dibeli dalam keadaan sehat.

Dengan langkah ini, diharapkan Idul Adha di Kota Bogor dapat berlangsung dengan hewan kurban yang sehat dan aman dikonsumsi, serta tempat penjualan yang tetap terjaga kebersihannya demi kenyamanan bersama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan