Investasi di Kabupaten Cirebon Mencapai Rp1,6 Triliun pada Semester I 2023

Bogor Traffic, Bisnis, Cirebon – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cirebon mengumumkan bahwa realisasi investasi di daerah tersebut pada semester I tahun 2023 telah mencapai angka sebesar Rp1,6 triliun.

Angka ini menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 56,17 persen dari target tahunan yang ditetapkan sebesar Rp2,9 triliun.

Berita Lainnya

Kepala DPMPTSP Kabupaten Cirebon, Dede Sudiono, menyatakan optimisme bahwa pada akhir tahun ini, target investasi sebesar Rp2,9 triliun dapat dicapai bahkan melampaui target tersebut.

“Saat ini kami sudah mencapai Rp1,6 triliun dan saya optimis bisa mencapai 100 persen atau lebih dari target pada akhir tahun ini,” ujar Dede Sudiono.

Sektor investasi yang mendominasi di Kabupaten Cirebon adalah bidang gas, listrik, dan air dengan total nilai investasi mencapai Rp917,9 miliar.

Diikuti oleh sektor industri dengan nilai investasi sebesar Rp404,7 miliar, dan sektor perdagangan dengan nilai investasi mencapai Rp250 miliar.

Dari semua sektor investasi, mayoritas investasi disumbang oleh penanam modal asing (PMA) sekitar 60 persen, sedangkan penanam modal dalam negeri (PMDN) sekitar 40 persen.

Dede Sudiono berharap bahwa penanam modal dalam negeri dapat mendominasi di masa yang akan datang.

Salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan investasi di Kabupaten Cirebon adalah konektivitas dengan Tol Trans Jawa, yang membuat akses ke daerah investasi menjadi lebih mudah.

Selain itu, ketersediaan tenaga kerja profesional juga menjadi daya tarik bagi investor, yang berdampak pada pertumbuhan industri baru di daerah ini.

Dede Sudiono menjelaskan bahwa peluang lahan yang luas juga menjadi daya tarik bagi investor. Berdasarkan Perda RTRW Nomor 17, terdapat kawasan industri seluas 10 ribu hektar yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Potensi investasi yang terus mengalami tren positif di Kabupaten Cirebon menunjukkan kesungguhan daerah ini dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi investor dan industri.

Dengan dukungan berbagai faktor positif, diharapkan investasi di Kabupaten Cirebon akan terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan