Persiapan Arus Balik Mudik 2024, Menhub: Harus Dilakukan Dengan Cermat

Persiapan Arus Balik Mudik 2024, Menhub: Harus Dilakukan Dengan Cermat. (Foto: Dok Kemenhub)

Bogortraffic.com, JAKARTA- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan arahan penting terkait persiapan arus balik Lebaran 2024. Dia menekankan pentingnya persiapan yang cermat karena waktu untuk arus balik relatif lebih pendek dibandingkan dengan arus mudik.

“Arus balik ini cukup critical, maka masyarakat perlu melakukan persiapan sebaik-baiknya di waktu empat hari yang tersisa. Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (14/4) s.d Senin (15/4) sehingga masyarakat diimbau untuk dapat menghindari hari puncak arus balik tersebut dan disarankan pulang lebih awal di hari Jumat atau Sabtu,” ujar Budi Karya Sumadi di Jakarta, Jumat

Berita Lainnya

Budi juga menyarankan agar masyarakat pulang lebih awal, sebelum puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada Minggu hingga Senin.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, operator jalan tol, telah mengungkapkan kesiapan untuk menghadapi arus balik periode Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024. Arus balik diperkirakan meningkat sejak H+2 hingga H+4 Hari Raya Idul Fitri, yaitu pada tanggal 13 hingga 15 April 2024.

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, menjelaskan bahwa jumlah kendaraan yang belum melakukan perjalanan mudik masih cukup signifikan.

Subakti juga menyampaikan bahwa Jasa Marga telah melakukan evaluasi pelayanan arus mudik sebelumnya untuk menyusun antisipasi dalam menyambut arus balik.

“Selain itu, pihaknya juga menggunakan teknologi modern, seperti Traffic Counting berbasis radar dan CCTV Analytic berbasis Artificial Intelligence, untuk memantau volume lalu lintas dan mengoptimalkan kapasitas jalan tol.” kata Subakti

Informasi lainnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan langkah-langkah penanganan arus balik dengan memberlakukan rekayasa lalu lintas di jalan tol dan arteri.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, menjelaskan bahwa pemberlakuan rekayasa lalu lintas arus balik akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 April 2024.

“Langkah ini termasuk memberlakukan sistem contraflow untuk mengatasi penumpukan kendaraan di jalan tol.” ujar Aan

Dengan kerja sama antara pihak terkait dan pengguna jalan yang disiplin, diharapkan arus balik Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman bagi semua pemudik. Semua upaya telah dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan pulang menuju destinasi masing-masing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan