Wujudkan Komitmen Go Global, PLN Nusantara Power Teken MoU Beragam Proyek Luar Negeri

Bogor Traffic, Bisnis – Di ajang pameran ketenagalistrikan terbesar di Indonesia, Nusantara Power Connect 2023 (NP Connect 2023), berbagai kesepakatan penting telah dicapai.

Selain berkolaborasi dengan investor dalam negeri, PLN Nusantara Power juga menjalin kemitraan dengan lembaga internasional untuk melaksanakan proyek di luar negeri.

Berita Lainnya

Direktur Utama PT PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah mengatakan, beberapa kesepakatan terkait pengembangan unit pembangkit energi baru terbarukan (EBT) di negara-negara seperti Timor Leste, Malaysia, dan Singapura juga telah diumumkan.

“Kesepakatan ini merupakan salah satu implementasi dari PLN NP Go Global, sebagai bagian dari pengembangan bisnis turunan pembangkit,” ujar Direktur Utama PT PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah.

Tidak hanya di pasar internasional, PLN Nusantara Power juga berkomitmen pada proyek-proyek dalam negeri. Salah satu pencapaian signifikan adalah penandatanganan Head Of Agreement terkait pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN 50 MW yang mendukung Industri Kawasan Kendal (IKN). Kesepakatan tersebut melibatkan kerjasama antara PLN Nusantara Power dan Sembcorp Utilities Pte Ltd.

Selain itu, PLN Nusantara Power juga bekerjasama dengan perusahaan di Timor Leste untuk pemeliharaan peralatan pembangkit listrik, termasuk di PLTD Hera dan PLTD Betano.

PLN NP juga berhasil menandatangani kesepakatan kerjasama terkait optimalisasi performansi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 16 MW di Singapore sebagai proyek dan pengembangan inovasi bersama, dan saling berbagi pengetahuan dalam pemeliharaan dan pengoperasian Energi Baru Terbarukan (EBT).

Selain itu, PLN Nusantara Power menjalin kemitraan dengan TNB Remaco (Malaysia) dalam aspek Remaining Life Assessment untuk Boiler Tube dan bidang pemeliharaan pembangkitan lainnya.

Langkah-langkah ini menegaskan komitmen PLN Nusantara Power dalam mengembangkan sektor energi, baik di dalam negeri maupun di pasar internasional, serta mendukung energi bersih dan ramah lingkungan.

Selain itu, kolaborasi dengan Bangladesh dan Nepal melalui Nusantara Power Corner menunjukkan upaya ekspansi bisnis yang semakin luas.

Berikut adalah daftar kerja sama PLN Nusantara Power yang berhasil ditandatangani dalam gelara Nusantara Power Connect 2023.

  1. PLN Nusantara Power dengan Sembcorp Utilities Pte Ltd (Singapura), Pengembangan Pembangkit EBT untuk mendukung IKN
  2. PLN Nusantara Power dengan PT Wartsila Indonesia (Timor Leste), pelaksanaan Inspection and Measurement Switchgear Equipments di PLTD Betano.
  3. PLN Nusantara Power dengan Sembcorp Utilities Pte Ltd (Singapura), optimalisasi PLTS 16 MW di Singapura
  4. PLN Nusantara Power dengan TNB Remaco (Malaysia), optimalisasi unit pembangkit di Malaysia

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan