Presiden Jokowi Tinjau Progres Pembangunan Industri Petrokimia di Cilegon

Bogor Traffic, CILEGON – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Kota Cilegon, Provinsi Banten, hari ini. Dalam inspeksi tersebut, Presiden mengungkapkan bahwa progres pembangunan pabrik sektor petrokimia ini telah mencapai 73 persen dan dijadwalkan akan selesai pada tahun 2025.

“Proyek ini telah dimulai sejak tahun 2020 dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2025. Progresnya sangat menggembirakan, dengan sekitar 73 persen selesai dan melibatkan investasi sebesar Rp60 triliun atau sekitar USD3,9 miliar,” ujar Presiden.

Berita Lainnya

Presiden juga menjelaskan bahwa setelah beroperasi, pabrik ini akan memproduksi berbagai jenis produk, termasuk etilen, polipropilen, bensin, dan lainnya, dengan total 17 produk. Produk-produk ini diharapkan akan mengurangi ketergantungan pada impor dan meningkatkan ekspor.

“Dengan selesainya pabrik ini, kita akan memiliki sumber daya dalam negeri yang mampu menggantikan produk impor dalam skala besar, dengan 70 persen untuk pasar lokal dan 30 persen untuk ekspor,” tambah Presiden.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya proyek ini, yang akan berdampak positif pada industri petrokimia dalam negeri dan kemandirian ekonomi.

“Kedua aspek ini sangat baik, karena selain mengurangi impor, produk-produk ini juga akan mendukung pertumbuhan industri dalam negeri yang kita butuhkan,” paparnya.

Dengan progres pembangunan yang mengesankan, PT Lotte Chemical Indonesia dan sektor petrokimia di Indonesia menandai langkah besar dalam mewujudkan kemandirian industri dan ekonomi negara.

Dalam peninjauan tersebut, Presiden Jokowi melihat sejumlah area pembangunan, seperti area produksi, tangki penampungan produk akhir, hingga fasilitas pendukung seperti dermaga.

Turut mendampingi Presiden saat peninjauan antara lain Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Lee Sang-Deok, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, dan Presiden Direktur PT Lotte Chemical Indonesia Yim Dong Hee.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan