Gelar Pelatihan Penjamah Makanan, Dinkes Bogor: Dorong Pelaku Usaha Tingkatkan Kualitas Makanan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menggelar Pelatihan Penjamah Makanan di Wilaya Kota Bogor, pada Jumat (7/6/24). (Dok. Shabrina Zakaria/Antara)

bogortraffic.com, BOGOR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menggelar Pelatihan Penjamah Makanan (PPM) untuk meningkatkan standar kualitas hygiene sanitasi keamanan pangan di restoran, rumah makan, dan jasa boga di wilayah Kota Bogor. 

Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, pelatihan hygiene sanitasi pangan bagi pemilik, penanggung jawab dan penjamah makanan dengan peserta yang dihadiri oleh perwakilan dari berbagai restoran, jasa boga dan pelaku UMKM di Kota Bogor.

Berita Lainnya

“Pelatihan ini bertujuan agar semua penjamah makanan mematuhi dan memahami tentang pengelolaan makanan yang higienis, sehat dan aman. Baik personal higiene dan sanitasi lingkungan di tempat kerja yang difokuskan pada aspek penting dalam pengelolaan dan penyajian makanan,” kata Retno, pada Jumat (7/6/24).

Ia mengatakan, pelatihan ini mencakup berbagai topik yang penting dalam penanganan dan penyajian makanan, antara lain peletakan tata letak dapur, memastikan dapur diatur dengan cara yang meminimalkan risiko kontaminasi dan keselamatan kerja. Kemudian, teknik pencucian peralatan makan dan metode pencucian alat makan dan alat dapur yang efektif untuk mencegah penyebaran bakteri.

Selain itu, Sri Nowo Retno menambahkan, materi terkait pembuangan limbah dan sampah, serta sistem pembuangan limbah yang terolah dengan baik berikut penanganan sampah yang tepat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Pelatihan penjamah makanan ini juga membahas Higienis Personal diantaranya Praktek kebersihan bagi penjamah dan pengelola makanan,” ucapnya.

Menurut Retno, Higienis sanitasi makanan dan minuman ini menjadi hal yang penting, karena proses pengolahan makanan memastikan kebersihan dan keamanan pangan tersebut. Sehingga ia berharap dengan adanya pelatihan ini, pengetahuan yang telah didapat dapat di aplikasikan.

“Sehingga di tempat kerja dapat diterapkan dalam operasional harian mereka dan mencapai kualitas makanan yang sehat, higienis, dan aman bagi masyarakat Kota Bogor,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor Akhmad Saeful Bakhri sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Dinkes kota Bogor dalam meningkatkan standar kualitas higienis sanitasi keamanan pangan bagi para pelaku usaha.

“Saya kira apa yang dilakukan ini sangat positif dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelaku usaha, bagaimana standar keamanan pangan di restoran,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan