4 Skenario Timnas Indonesia U-24 Lolos ke 16 Besar Asian Games 2022

Bogor Traffic, Sepakbola – Timnas Indonesia U-24 bersiap untuk menghadapi tantangan besar saat berjumpa dengan Korea Utara pada matchday ke-3 Grup F Asian Games 2023 di Zhejiang Normal University East Stadium. Laga ini akan menjadi penentu nasib tim yang diasuh oleh Indra Sjafri.

Indonesia berada dalam skenario yang sulit untuk lolos ke babak 16 Besar setelah menderita kekalahan dengan skor 1-0 atas Chinese Taipei pada matchday kedua. Saat ini, Skuad Garuda menduduki posisi kedua Grup F dengan tiga poin, sementara Korea Utara memimpin klasemen dengan enam poin, meraih kemenangan dalam dua laga yang sudah dimainkan.

Berita Lainnya

Meskipun dalam situasi yang menantang, peluang Indonesia untuk melangkah ke babak 16 Besar masih terbuka. Namun, juga ada risiko untuk pulang lebih awal dari turnamen ini.

Berikut adalah empat skenario yang dapat memengaruhi nasib Timnas Indonesia dalam pencapaian mereka ke babak 16 Besar Asian Games 2023:

Mengalahkan Korea Utara

Berikut adalah kriteria penentuan posisi klasemen fase grup Asian Games 2023 yang diterapkan secara berurutan:

  1. Jumlah poin tertinggi;
  2. Head to Head;
  3. Selisih gol;
  4. Jumlah gol dicetak;
  5. Jika dua tim atau lebih punya peringkat yang sama lewat kriteria di atas, terapkan kembali kriteria di atas hanya untuk tim terkait. Jika situasi belum bisa menentukan posisi klasemen, terapkan kriteria berikut:
  6. Selisih gol semua pertandingan;
  7. Jumlah gol semua pertandingan;
  8. Adu penalti jika dua tim bertemu pada laga terakhir;
  9. Poin disiplin;
  10. Undian.

Mengalahkan Korea Utara

Menang adalah skenario paling ideal bagi Rizky Ridho dan kolega. Sebab, dengan enam poin, Indonesia punya peluang besar untuk bisa menjadi juara Grup F dan lolos ke 16 Besar.

Jika punya poin yang sama, Indonesia akan unggul head to head atas Korea Utara, dan berhak atas posisi puncak klasemen.

Hitung-hitungan itu akan berbeda jika ada tiga tim yang poinnya sama. Selisih gol bisa jadi penentu seperti kriteria yang sudah dibahas di atas.

Imbang dan jadi Runner-up

Imbang lawan Korea Utara bukan skenario terbaik bagi Indonesia. Akan tetapi, ini bisa menjadi opsi bagi pasukan Indra Sjafri untuk lolos ke babak 16 Besar.

Jika mampu imbang lawan Korea Utara, Indonesia akan mendapat empat poin.

Nah, andai di laga lain Kirgistan menang lawan Chinese Taipei, Indonesia akan jadi runner-up Grup F. Namun, jika Chinese Taipei menang, Indonesia akan berakhir di posisi ketiga.

Kalah dan Berharap Bantuan Lawan

Ini adalah skenario yang sangat rumit. Korea Utara terlihat tangguh dengan dua kemenangan yang diraih. Kekuatan mereka juga misterius.

Nah, jika Indonesia kalah dari Korea Utara, peluang lolos 16 Besar masih belum tertutup. Namun, akan bergantung pada hasil Chinese Taipei lawan Kirgistan.

Indonesia harus berharap agar Kirgistan bisa menang lawan Chinese Taipe. Dengan demikian, ada tiga tim dengan poin yang sama yakni 3. Selanjutnya, peringkat dua dan tiga ditentukan lewat kriteria di atas.

Jalur Peringkat ke-3 Terbaik

Nah, ini adalah jalur terakhir yang bisa dipakai Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 Besar Asian Games 2023. Jalur ini akan cukup rumit, karena bakal melibatkan hasil yang didapat negara dari grup lain.

Karena Grup C hanya dihuni dua tim, maka hanya akan ada lima peringkat ke-3 terbaik yang akan diadu. Nah, empat tim dengan ranking terbaik akan lolos ke babak 16 Besar.

Sebagai catatan, pada perhitungan poin peringkat ke-3 terbaik, hasil lawan juru kunci klasemen tidak dihitung karena Grup D hanya dihuni tiga tim.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan