Dedie Rachim Ajak Anggota Pramuka Jadi Entrepreneur

KOTA BOGOR – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor kembali mengukir prestasi dalam inovasi pendidikan dengan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan untuk tingkat penegak dan pandega tahun 2023. Acara pelatihan yang digelar di Bhumi Living Space, Jalan Ahmad Yani, Tanah Sareal pada Rabu (11/10/2023) pagi ini menarik perhatian karena menghadirkan dua narasumber yang berpengalaman di bidang usaha ekonomi kreatif.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Dedie A. Rachim, yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bogor, membuka sesi pelatihan dengan mengungkapkan bahwa menjalankan kegiatan kepramukaan bukanlah hal yang mudah.

Berita Lainnya

“Menjalankan kegiatan kepramukaan juga bukan hal yang mudah. Salah satu jalan keluarnya adalah bagaimana kepramukaan punya sumber – sumber pembiayaan sendiri. Termasuk juga semacam pengkaderan atau semacam pelatihan entrepreneurship juga bisa menjadi salah satu bagian dari gerakan pramuka,” urai Dedie

Salah satu solusi yang diusung adalah bagaimana kepramukaan dapat memiliki sumber pembiayaan sendiri. Dedie melihat bahwa pengkaderan dan pelatihan kewirausahaan dapat menjadi bagian integral dari gerakan pramuka.

Dedie menyoroti pentingnya membangun kewirausahaan untuk mendukung kegiatan kepramukaan. Namun, dia juga memberikan peringatan mengenai godaan dan tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan usaha baru.

Ketika berbicara tentang partisipasi pelaku usaha di tingkat nasional, Dedie menyampaikan bahwa data menunjukkan tingkat partisipasi tersebut masih relatif rendah, berkisar antara 10 hingga 20 persen.

Dedie mendorong para anggota pramuka untuk tidak hanya bercita-cita menjadi pegawai negeri, karena komposisi tersebut lebih kecil dibandingkan menjadi seorang wirausahawan. Dia menekankan bahwa para pelaku dunia usaha masih sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan ekonomi di Indonesia.

“Oleh karena itu, melalui pelatihan dan program ini paling tidak jangan semua ingin menjadi pegawai negeri. Komposisinya lebih kecil dibanding menjadi seorang wirausahawan. Para pelaku dunia usaha masih banyak dibutuhkan,” sambungnya.

Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari program serupa yang telah diselenggarakan pada tahun sebelumnya. Sebanyak 20 peserta yang merupakan anggota pramuka dari 6 kwartir ranting di Kota Bogor hadir untuk mengikuti pelatihan ini, menunjukkan antusiasme dan keseriusan para pemuda dan pemudi pramuka dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan