Keren! Gali Makna Al-Quran Melalui Tumbuhan, Kebun Raya Bogor Resmikan Taman Tumbuhan Quran

Peresmian Taman Tumbuhan Al Qur'an. (Foto Dok Kebun Raya Bogor)

Bogortraffic.com, TRAVEL- Kebun Raya Bogor menghadirkan wahana edukasi baru bernama “Taman Tumbuhan Quran,” yang diresmikan sejak Senin (8/4/2024).

“Soft Launching Taman Tumbuhan Quran. Senin, 08 April 2024 telah dilaksanakan proses Soft Launching Taman Tumbuhan Quran yang berada di Kebun Raya Bogor,” tulis @kebunraya_id.

Berita Lainnya

Inspirasi taman ini berasal dari buku “Plants of the Quran,” yang berisi tentang tumbuhan-tumbuhan yang disebutkan dalam Al-Quran.

Wahana ini tidak hanya menjadi koleksi terbaru Kebun Raya Bogor, tetapi juga memiliki makna mendalam bagi umat Muslim. Taman ini menjadi destinasi wisata menarik untuk memperkenalkan berbagai jenis tumbuhan kepada anak-anak dan keluarga.

Pada pembukaan Taman Tumbuhan Quran, acara dimulai dengan sambutan dari Managing Director Kebun Raya, Marga Anggrianto, dan penanaman simbolis tumbuhan kurma yang diwakili oleh beberapa tokoh, termasuk perwakilan dari BRIN.

Tujuan hadirnya taman ini adalah untuk memberikan edukasi tentang tumbuhan-tumbuhan Al-Quran dan memaksimalkan area halaman masjid. Taman ini juga menjadi sarana edukatif dengan konsep desain islamic center untuk memberikan pembinaan masyarakat tentang ilmu agama Islam.

Sarana edukasi ini juga menjadi upaya dalam memaksimalkan area halaman masjid serta program edukasi Tour de Taman Tumbuhan Quran. Taman ini berdiri di lahan seluas 754,3 m2 dan menampilkan lima tumbuhan utama yang paling banyak disebut dalam Al-Quran, seperti kurma, delima, anggur, kurma, dan zaitun.

Dengan menggunakan tumbuhan yang adaptif di Indonesia, taman ini menjadi sarana edukatif yang menarik untuk memahami dan menggali makna Al-Quran melalui tumbuhan. Sumber daya Kebun Raya Bogor tidak hanya menyediakan wahana dan taman untuk dinikmati pengunjung, tetapi juga berbagai fasilitas lainnya, seperti penyewaan wahana dan restoran untuk menikmati kuliner.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan