Tahun Kelahiran Nabi Muhammad SAW dan Kisah “Tahun Gajah

Bogor Traffic, Keagamaan– Banyak yang mungkin bertanya, mengapa tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW juga dikenal sebagai “Tahun Gajah”? Kisah di balik julukan ini mengaitkan kelahiran Nabi dengan peristiwa besar dalam sejarah.

Peristiwa ini diceritakan dalam Al-Qur’an surah Al Fil. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

Berita Lainnya

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ ١ اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ ٢ وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ ٣ تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ ٤ فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ ٥

Artinya: “Tidakkah engkau (Nabi Muhammad) memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia? Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong. Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar, sehingga Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).”

Pada masa kelahiran Nabi Muhammad SAW, terjadi peristiwa penting yang dikenal sebagai “Tahun Gajah.” Peristiwa ini terjadi sekitar 50 hari sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Dilansir dari berbagai sumber, Pasukan Raja Abrahah dari Yaman datang ke Makkah dengan menunggangi gajah. Kedatangan pasukan ini terjadi pada hari Senin, 13 hari terakhir bulan Muharram, 882 tahun setelah masa Dzul Qarnain. Misi pasukan ini adalah untuk meratakan Ka’bah.

Raja Abrahah merasa iri terhadap Ka’bah yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Arab dari berbagai daerah. Sebagai tanggapan, ia memutuskan untuk membangun gereja yang sangat mewah sebagai gantinya. Namun, masyarakat Arab tetap memilih untuk menyembah di Ka’bah yang didirikan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Hal ini memicu niat Abrahah untuk menghancurkan Ka’bah.

Namun, rencana sombong Abrahah segera digagalkan oleh campur tangan Allah SWT. Pasukan bergajah yang dipimpinnya hancur hanya karena dihujani batu oleh burung-burung ababil. Burung-burung ini membawa batu-batu panas dengan paruh dan kakinya, yang akhirnya menghabisi seluruh pasukan Abrahah.

Peristiwa “Tahun Gajah” menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam yang menunjukkan kekuasaan Allah dan perlindungan-Nya terhadap Ka’bah. Itulah sebabnya tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW sering kali disebut sebagai “Tahun Gajah,” untuk mengingatkan kita akan peristiwa besar ini dalam sejarah Islam.

Wallahu a’lam bisshawab

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan