Menteri ATR Hadi Tjahjanto: Investor Akan Datang dengan Mudah ke Bogor

KOTA BOGOR – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya, secara resmi mendeklarasikan Kota Bogor sebagai kota lengkap ke-11 di Balai Kota Bogor pada Rabu (27/9/2023).

Menteri Hadi mendorong kota/kabupaten di Jawa Barat untuk segera deklarasi sebagai kota lengkap. Keuntungan kota/kabupaten menjadi kota lengkap adalah terdaftarnya seluruh wilayah secara spasial tanpa overlap atau gap. Hal ini dapat membuktikan secara akurat secara fisik dan yuridis, menjauhkan masyarakat dari ancaman mafia tanah.

Berita Lainnya

“Kami terus bekerjasama dengan pemerintah daerah dan aparat penegak hukum untuk menyelesaikan sertipikat menuju kota lengkap. Termasuk juga menyelesaikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk memberikan kepastian hukum kepada investor,” ungkapnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, menjelaskan upaya Pemkot Bogor dalam memaksimalkan setiap jengkal tanah dengan membangun lapangan olahraga, pedestrian, dan taman untuk memberikan manfaat bagi warga. Sinergi dengan Kantor BPN Kota Bogor juga dilakukan melalui legalisasi aset barang milik daerah.

“Dengan sinergi ini, tercatat sudah ada 1.702 aset yang tersertifikat, dan di 2023 ditargetkan tambahan sebanyak 509 sertifikat,” kata Wali Kota.

Pemkot Bogor akan memberikan hibah sebesar Rp 3 Miliar kepada BPN untuk mendukung sertifikasi, dengan harapan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, Bima Arya menyampaikan harapan terkait pemanfaatan gedung blenong dan menunggu arahan dari Menteri untuk memaksimalkan gedung tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan