Kick Off BIA 2024, Bima Arya : Membangun Ekosistem Inovasi

Bogortraffic.com, KOTA BOGOR – Dengan semangat membangun ekosistem inovasi yang inklusif, Wali Kota Bogor, Bima Arya, secara simbolis membuka acara Kick Off Bogor Inovasi Award (BIA) 2024 di Auditorium Perpustakaan Kota Bogor pada Rabu (28/2/2024). Acara yang bertema “Membangun Ekosistem Inovasi dan Kreasi Serta Menebar Inspirasi” ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk pelaku industri kreatif dan akademisi.

“Internal birokratnya harus mendukung untuk iklim inovasi, seperti yang saya bilang tadi mengikis budaya senioritas, mengikis budaya formalitas, kemudian harus didorong terus menghasilkan yang baru, internal. Secara eksternal juga ekosistemnya harus dibangun dengan dukungan dari komunitas kreatif, pengusaha, kampus, dan lain-lain,” ujar Bima Arya saat sambutan di Acara yang bertema “Membangun Ekosistem Inovasi dan Kreasi Serta Menebar Inspirasi”

Berita Lainnya

Bima Arya juga menitipkan pesan agar BIA bukan hanya menjadi rutinitas, melainkan setiap inovasi yang dihasilkan selalu ditindaklanjuti untuk menjadi inspirasi.

“Karena semua berdampak, harus ada efeknya, harus ada yang terlihat hasilnya,” jelasnya.

Acara BIA ini tidak hanya menjadi wadah untuk menggugurkan kewajiban, tetapi juga untuk mengembangkan potensi melalui inovasi dalam berbagai bidang, seperti peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), keberlanjutan lingkungan, pemberdayaan UMKM, dan ekonomi kreatif.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Bogor, Rudy Mashudi, menjelaskan bahwa BIA 2024 menitikberatkan pada isu-isu lingkungan dan beberapa tema besar yang dikembangkan dari pelaksanaan BIA sebelumnya.

“Dari hasil BIA terdahulu, sudah ada berbagai inovasi yang tercipta dan masih berlaku digunakan, seperti inovasi elektronifikasi perizinan, pelayanan digitalisasi di puskesmas, dan bank sampah,” katanya.

BIA 2024 melibatkan berbagai kategori peserta, mulai dari pelajar hingga ASN, dengan harapan partisipasi peserta terus meningkat seiring dengan berlangsungnya sosialisasi dan masa pendaftaran selama dua bulan.

Dengan Bogor Inovasi Award (BIA) 2024, Kota Bogor terus meneguhkan komitmennya dalam mendorong dan memberdayakan inovasi sebagai motor penggerak pembangunan yang berkelanjutan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan