Dedie Rachim Harap PNS Berprestasi Bangun Sistem Pendidikan

KOTA BOGOR – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, bersama dengan Kepala BKPSDM, Taufik, dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Sujatmiko Baliarto, menerima Tim Visitasi Lapangan Seleksi Penghargaan PNS Berprestasi Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, pada Kamis (14/9/2023).

Kegiatan visitasi ini merupakan tahap keempat dari proses penilaian PNS berprestasi yang terbagi dalam kategori inovatif, inspiratif, dan future leader. Ahmad Furqon dari Dinas Pendidikan (Disdik) mewakili Kota Bogor dalam seleksi ini.

Berita Lainnya

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, menyampaikan rasa syukurnya karena satu dari lima Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diusulkan berhasil mencapai tahap keempat seleksi ini.

Ia berharap bahwa ide, kreativitas, gagasan, dan inovasi yang dihasilkan oleh ASN Pemkot Bogor dapat menjadi salah satu program unggulan. Menurutnya, Pemerintah Kota Bogor memerlukan sistem aplikasi terintegrasi untuk memperbaiki dan mengembangkan sistem pendidikan Kota Bogor secara keseluruhan.

“Sistem inovasi sangat diperlukan untuk mendukung kemampuan Pemkot Bogor dalam berinovasi dan merumuskan kebijakan yang tepat, sehingga dapat membantu meningkatkan rata-rata lama sekolah di wilayah ini,” ungkap Dedie Rachim.

Ketua Tim Penilai, Oky Putranto, yang juga menjabat sebagai Kabid Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan seleksi peserta dengan meminta informasi, klarifikasi, dan keterangan dari penerima manfaat serta para stakeholder terkait prestasi yang telah dicapai.

“Proses seleksi dimulai dengan 270 peserta pada tahap awal, kemudian mengerucut menjadi 100 peserta pada tahap kedua setelah seleksi administrasi.” Ujar Oky Putranto

Pada tahap ketiga, yaitu wawancara, hanya 90 peserta yang berhasil lolos, dan pada tahap keempat, yakni visitasi lapangan, akan ditentukan 18 peserta yang melanjutkan ke tahap kelima pada bulan Oktober. Tahap kelima akan menentukan sembilan pemenang dari setiap kategori yang ada.

Bagi para pemenang, selain hadiah dan penghargaan, akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa. Mereka juga akan mewakili Provinsi Jawa Barat dalam anugerah ASN yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB.

Tim penilai yang terlibat dalam seleksi ini antara lain Kepala Prodi Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, Ferry Hadiyanto, Guru Besar UIN Sunan Gunung Jati, Prof. H. Agus Ahmad Safei, Lektor Kepala Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan ITB, Ridwan Sutriadi, dan Staf Ahli PT Jasa Sarana, Wildan Nurul Padjar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan