Bima Arya: Capaian Positif Progres Pembangunan Masjid Agung

Kota Bogor – Pembangunan lanjutan Masjid Agung Kota Bogor yang dimulai sejak Mei 2023 terus menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, bahkan melebihi target yang ditetapkan. Proyek ini menjadi perhatian utama Wali Kota Bogor, Bima Arya, yang menginginkan penyelesaian tahap akhir dengan tepat waktu dan kualitas yang optimal.

Sebagai langkah awal sebelum dimulainya pembangunan lanjutan, pada Februari 2023, Wali Kota Bima Arya menerima ekspose perencanaan dari pihak kontraktor yang akan bertanggung jawab atas proyek ini.

Berita Lainnya

Progres pembangunan Masjid Agung Kota Bogor kemudian memasuki tahap lelang, dan PT Bumi Putri Silampari berhasil memenangkan lelang dengan nilai kontrak sebesar Rp 33.1 Triliun.

Dalam upaya untuk memastikan proyek berjalan sesuai rencana, Wali Kota Bima Arya secara rutin melakukan peninjauan progres pekerjaan. Pada Rabu, 19 Juli 2023, usai melaksanakan salat Ashar berjamaah di Masjid Agung Kota Bogor, beliau meninjau beberapa bagian pekerjaan, termasuk lantai mezzanine di lantai dua, rencana akses tangga dari masjid menuju Alun-alun Kota Bogor, serta lantai dasar yang akan dijadikan ruang serbaguna dan parkir.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Bima Arya didampingi oleh pihak kontraktor serta Kepala Bidang Tata Ruang dan Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Dadan Hamdani. Dadan menyatakan bahwa progres pekerjaan menara menjadi perhatian khusus karena berkaitan dengan pekerjaan struktur. Pekerjaan menara harus dipercepat agar tidak menyebabkan keterlambatan pada pekerjaan lainnya. Menara menjadi salah satu titik fokus untuk memastikan proyek tetap berada dalam jadwal yang ditentukan.

“Selain itu, pekerjaan tangga yang terintegrasi dengan Alun-alun Kota Bogor juga menjadi prioritas untuk dioptimalkan agar progres pembangunan dapat berjalan lancar” Ujar Bima Arya

Dalam pengawasan dan pemantauan yang ketat, pekerjaan pembangunan lanjutan Masjid Agung Kota Bogor telah melebihi target yang ditetapkan. Capaiannya mencapai 20 persen, melampaui target awal sebesar 16 persen. Meskipun begitu, Wali Kota dan tim terus berupaya untuk mengakselerasi proyek agar selesai lebih cepat dari yang direncanakan. Pengawasan dan pemantauan akan terus dilakukan guna memastikan proyek berjalan sesuai jadwal dan kualitas yang diharapkan.

Proyek pembangunan lanjutan Masjid Agung Kota Bogor melibatkan beberapa bagian, termasuk pekerjaan arsitektur eksterior, menara, pekerjaan pendahuluan, fasade kaca, kerawanan GRC dan lisplang atap, pekerjaan luar bangunan masjid, pekerjaan arsitektur interior, lantai dasar, lantai satu ruang salat utama, lantai dua lantai mezzanine, tangga dari lantai dasar ke lantai satu ruang salat utama, pekerjaan atap, dan lainnya.

Dengan adanya progres positif yang telah dicapai, harapan untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Agung Kota Bogor tepat waktu semakin besar. Semua pihak terus berkomitmen untuk bekerja keras dan melakukan pengawasan yang ketat agar proyek ini dapat selesai lebih cepat dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Bogor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan