Pemkab Bogor Ajak Ormas Berkolaborasi Tingkatkan Perekonomian

KABUPATEN BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengajak organisasi masyarakat untuk berkolaborasi dalam upaya meningkatkan perekonomian Kabupaten Bogor. Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin menyampaikan hal ini saat membuka kegiatan Coffee Morning Pemdakab Bogor bersama organisasi kemasyarakatan di halaman kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Cibinong.

Sekda Burhanudin mengapresiasi dedikasi dan kontribusi organisasi masyarakat dalam memberikan dorongan, motivasi, serta bantuan kepada Pemdakab Bogor dalam mengawal program pembangunan. Salah satu program yang ditekankan adalah meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berdaya.

Berita Lainnya

Menurut Burhanudin, pembangunan yang berhasil adalah hasil dari partisipasi seluruh masyarakat dan juga sikap, tekad, semangat, ketaatan, dan disiplin para penyelenggara negara.

“Berhasilnya pembangunan sebagai pengamalan Pancasila tergantung dari partisipasi seluruh masyarakat serta pada sikap mental, tekad, semangat, ketaatan dan disiplin para penyelenggara negara. Kita berdiskusi dalam kegiatan Compas adalah wujud kolaborasi antara Pemkab Bogor bersama ormas dalam membangun Kabupaten Bogor,” ungkapnya

Di tengah tantangan perekonomian global, semua pemangku kepentingan, termasuk koperasi, UMKM, perdagangan, perindustrian, dan ekonomi kreatif, diharapkan dapat bekerja sama dalam memanfaatkan setiap peluang, sekecil apapun, untuk menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif.

Sekda Burhanudin juga meminta pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kapasitas mereka dalam hal teknik produksi, manajemen, pemasaran, dan perluasan jejaring dengan pemangku kepentingan lainnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bogor, Bambang W. Tawekal, menjelaskan bahwa kegiatan ini, yang disebut Compas, sudah memasuki angkatan yang kelima dan diikuti oleh sekitar 27 organisasi kemasyarakatan. Pemdakab Bogor mengajak ormas untuk berkontribusi positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di Kabupaten Bogor melalui diskusi dan rekomendasi yang dihasilkan.

Bambang berharap sinergitas antara Pemdakab Bogor dan organisasi kemasyarakatan akan berjalan dengan baik dan harmonis untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di lapangan, sambil juga mendukung upaya meningkatkan perekonomian melalui UMKM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Hasil dari diskusi hari ini akan kami rekomendasikan kepada dinas terkait, harapannya permasalahan yang ada di lapangan bisa dituntaskan berdasarkan usulan dan aspirasi masyarakat,” katanya.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait, perwakilan organisasi kemasyarakatan, serta narasumber dari berbagai instansi terkait perekonomian dan UMKM.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan