WhatsApp Rilis Fitur Baru “Saluran” untuk Berlangganan Konten

Bogor Traffic, Platform – WhatsApp baru saja memperkenalkan fitur terbaru yang disebut “Saluran” atau Channel. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berlangganan berbagai kanal yang menyajikan beragam postingan di dalamnya.

Dengan Saluran, pengguna dapat dengan bebas memilih untuk mengikuti saluran mana yang mereka minati. Daftar Saluran yang tersedia dapat diakses melalui tab Updates, bersama dengan fitur Status.

Berita Lainnya

“Saluran dapat dengan mudah ditemukan melalui fungsi pencarian. Pengguna dapat mencari saluran yang ingin mereka ikuti dan juga menggunakan filter untuk menemukan saluran yang sesuai,” kata Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, dalam Press Briefing pada Rabu (13/9/2023).

Esther menjelaskan bahwa Saluran adalah fitur yang berbasis pada persetujuan dan bersifat opsional. Pengguna memiliki kebebasan untuk memilih apakah mereka ingin mengikuti sebuah saluran atau tidak.

Setelah mengikuti Saluran tertentu, postingan terbaru dari saluran tersebut akan muncul dalam tab Updates. Pengguna dapat melihat postingan lebih rinci dengan menekannya.

Semua postingan dalam Saluran disajikan berdasarkan urutan waktu unggah. Pengikut Saluran tidak dapat mengomentari konten, namun mereka dapat memberikan reaksi emoji pada setiap unggahan.

Cara memberikan reaksi adalah dengan menekan postingan yang diinginkan, lalu emoji akan muncul di bagian atas unggahan, dan pengguna dapat memilih emoji yang sesuai.

Esther menjelaskan bahwa Saluran memberikan kemampuan kepada organisasi atau individu untuk melakukan siaran satu arah, seperti memperbarui informasi atau konten kepada para pengikut yang memilih untuk mengikuti saluran tersebut.

Pada awal peluncurannya, Saluran hanya akan tersedia bagi mitra tertentu yang memiliki akun terverifikasi. Namun, seiring berjalannya waktu, WhatsApp akan mempertimbangkan kemungkinan bagi pihak lain untuk membuat Saluran.

Perlu dicatat bahwa fitur Saluran ini tidak mendukung end-to-end encryption, yang biasanya digunakan dalam pesan pribadi di WhatsApp. Namun, Saluran tetap memiliki Pedoman Saluran untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengguna.

“Konten Saluran diatur oleh Pedoman Saluran. Jika ada pelanggaran pedoman atau ketentuan WhatsApp secara umum, WhatsApp dapat dengan proaktif mengidentifikasi pelanggaran tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna,” jelas Esther.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan