Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Raya Puncak Selama Musim Lebaran

Ilustrasi rekayasa lalu lintas puncak, Bogor. (Foto: Dok. Korlantas Polri)

Bogortraffic.com, BOGOR – Polisi telah mengambil langkah proaktif dengan menyiapkan rekayasa lalu lintas di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyambut musim Lebaran. Salah satu tindakan yang akan diterapkan adalah kebijakan ganjil genap, yang akan berlaku mulai besok.

“Iya, mulai besok sore (ganjil genapnya),” ungkap KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto, Kamis (4/4/2024).

Berita Lainnya

Ardian menjelaskan bahwa kebijakan ganjil genap akan berlaku seperti biasanya, memengaruhi kendaraan motor dan mobil, dengan pengecualian untuk kendaraan darurat dan masyarakat lokal Puncak.

“Penerapan ganjil genap sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2021, 1 hari menjelang weekend atau sebelum hari libur nasional, atau cuti bersama libur nasional, akan diberlakukan di jalur Puncak,” tambahnya.

Efektivitas kebijakan ini akan dievaluasi. Jika ganjil genap berhasil mengurangi kepadatan lalu lintas, akan diteruskan. Namun, jika tidak efektif, akan ada peninjauan ulang.

“Jika terjadi antrean panjang meskipun ganjil genap telah diterapkan, akan dipertimbangkan penerapan rekayasa lainnya seperti sistem one way,” jelas Ardian.

Sebanyak 125 personel kepolisian akan berjaga di sepanjang Jalan Raya Puncak selama masa libur Lebaran. Mereka akan bertugas untuk mengatur lalu lintas dan menjaga pos pengamanan di titik-titik strategis, termasuk di Gadog, Megamendung, Pasar Cisarua, dan Masjid At-Ta’awun.

Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan selama musim liburan Lebaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan