KPU Kota Bogor Sudah Coklit 68,3 Persen Data Pemilih Pilkada 2024

KPU Kota Bogor Sudah Coklit 68,3 Persen Data Pemilih Pilkada 2024 (Foto: Dok. Istimewa)

bogortraffic.com, KOTA BOGOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Jawa Barat, telah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap 68,3 persen data pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor 2024.

Sekretaris KPU Kota Bogor, Hangga Pramaditya, menyatakan bahwa total data pemilih hasil sinkronisasi untuk pilkada tahun ini mencapai 818.302 orang. Hingga 4 Juli 2024, sebanyak 559.028 orang atau 68,3 persen data pemilih telah tercoklit.

Berita Lainnya

“Dengan demikian, data pemilih yang belum tercoklit ada 259.274 orang,” jelas Hangga di Kota Bogor pada Sabtu.

Anggota KPU Kota Bogor, Darma Djufri, menambahkan bahwa para petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) diberikan target untuk menyelesaikan tugas mereka dalam sebulan dan diharuskan melaporkan progres coklit setiap pekan.

Darma menyebutkan bahwa terdapat 2.999 pantarlih yang tersebar di 68 kelurahan. Setiap pantarlih ditempatkan di tempat pemungutan suara (TPS) dengan jumlah pemilih di bawah 400 orang, sementara TPS dengan lebih dari 400 pemilih akan diawasi oleh dua pantarlih.

“Ini berarti 1.515 TPS akan dikerjakan oleh satu pantarlih, dan 1.484 TPS akan dikerjakan oleh dua pantarlih. Selain pantarlih, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) juga akan turun untuk mengawasi proses coklit,” kata Darma.

Upaya KPU Kota Bogor dalam memastikan keakuratan data pemilih diharapkan dapat menjamin kelancaran dan kejujuran dalam pelaksanaan pilkada mendatang.

Dengan cakupan coklit yang terus meningkat, masyarakat diharapkan turut aktif berpartisipasi dalam proses ini untuk mendukung demokrasi yang sehat dan transparan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan