Pemkab Bogor Dorong UMKM Naik Kelas Melalui Bazar Ramadhan

Bazar ramadan Pemkab Bogor. (Foto: Dok Pemkab Bogor)

Bogortraffic.com, KABUPATEN BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bogor terus berupaya menjadikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas dengan produk berkualitas dan legalitas yang lengkap.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penyelenggaraan bazar Ramadhan yang diselenggarakan Pemkab Bogor sebagai wadah bagi UMKM untuk meningkatkan omsetnya selama bulan suci Ramadhan. Bazar Ramadhan ini dilaksanakan di tingkat kabupaten dan kecamatan.

Berita Lainnya

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Iman Wahyu Budiana, menjelaskan bahwa bulan suci Ramadhan memberikan keberkahan bagi umat muslim, dan keberkahan ini dirasakan juga oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor, yang melihat peningkatan omset seiring dengan tingginya permintaan pasar.

“Selama bulan Ramadhan, Pemkab Bogor bekerja sama dengan stakeholder melaksanakan kegiatan bazar Ramadhan. Tentunya ini merupakan bentuk perhatian kami kepada para pelaku UMKM untuk berjualan dan meraih omset. Salah satunya Diskop UKM yang menyelenggarakan bazar Ramadhan selama tiga hari berturut-turut ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UMKM sehingga bisa meraih kenaikan omset. Karena, bazar Ramadhan ini pun mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat untuk datang dan berbelanja,” ungkap Iman.

Diskop UKM bersama stakeholder lainnya bekerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan bazar Ramadhan sebagai bentuk perhatian terhadap para pelaku UMKM agar dapat meraih omset yang lebih baik. Bazar Ramadhan ini mendapat antusias tinggi dari masyarakat, sehingga memberikan peluang yang baik bagi UMKM untuk berjualan.

Iman mengungkapkan bahwa bazar yang dilaksanakan adalah kegiatan non-APBD, dimana pihaknya memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mendukung para pelaku UMKM. Namun, untuk tahun mendatang, akan diajukan anggaran tersendiri guna penyelenggaraan bazar di lokasi yang lebih strategis sesuai dengan produk UMKM yang dijual.

Selama penyelenggaraan bazar Ramadhan, hasilnya cukup memuaskan, dengan sejumlah pelaku UMKM meraup keuntungan yang signifikan. Pihaknya juga bekerja sama dengan Bank BJB dalam pemberian QRIS untuk memfasilitasi pembayaran non-tunai.

Diskop UKM juga sedang gencar mengajak para pelaku UMKM untuk memperoleh sertifikasi halal, dengan program pembuatan sertifikasi halal gratis yang dilaksanakan dalam beberapa gelombang. Iman berharap bahwa kondisi UMKM di Kabupaten Bogor mulai bangkit pasca pandemi Covid-19, dan momentum Ramadhan ini dapat memberikan keberkahan kepada mereka.

Pemkab Bogor juga memfasilitasi akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku UMKM, dengan memberikan rekomendasi setelah melakukan validasi terhadap UMKM tersebut.

“Mudah-mudahan UMKM Kabupaten Bogor naik kelas, dengan produk berkualitas serta memiliki legalitas produk yang lengkap,” tandas Iman.

Diharapkan, program kegiatan, pembinaan, dan fasilitasi untuk UMKM yang dilaksanakan saat ini akan menjadi pengalaman berharga bagi mereka, sehingga UMKM Kabupaten Bogor dapat terus naik kelas dengan produk berkualitas dan legalitas yang lengkap.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan