Erick Thohir Miliki Daya Tarik Jadi Cawapres

JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir memiliki banyak modal salah satunya dengan daya tarik yang ia punya untuk menjadikannya layak sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI itu ini dinilai Pengamat Politik Universitas Diponegoro, Teguh Yuwono mempunyai banyak modal seperti ekonomi, koneksi yang luas dan dapat membina hubungan baik dengan masyarakat akar rumput hingga elit nasional.

Berita Lainnya

Teguh mengatakan, berbagai modal tersebut membuat sosok Erick Thohir dilirik oleh Partai Politik (Parpol) untuk menjadi Cawapres. Salah satunya adalah PAN yang disebut menyodorkan namanya untuk menjadi Cawapres dari Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

“Daya tariknya (Erick Thohir) sebetulnya dari karena modalitas yang kuat kemudian chemistry-nya kuat dengan para pihak yang ada,” terang Teguh dalam keterangannya, Senin (12/6/2023).

Selain itu, keunggulan Erick Thohir dalam menjalin relasi, membuatnya menjadi andalan Presiden Jokowi. Dalam berbagai kesempatan, Erick Thohir kerap menerima penugasan dalam membinan hubungan bersama pihak di luar pemerintahan Indonesia.

Seperti halnya, Erick Thohir berhasil membina hubungan bersama PBNU sebagai Anggota Kehormatan Banser. Bahkan ia berhasil mengamban amanah dari PBNU untuk menyelenggarakan acara harlah 1 abad NU.

Kala itu, Erick Thohir bertugas sebagai Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU. Ia juga berhasil menjembatani antara berbagai pihak bersama PBNU untuk mendirikan 250 Badan Usaha Milik NU (BUMNU) di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, Erick Thohir juga berhasil menjalin hubungan yang dekat bersama FIFA sebagai Eks Presiden Inter Milan. Kedekatan hubungan Erick Thohir bersama FIFA ini berhasil menyelamatkan dunia sepak bola dari ancaman sanksi berat.

Seperti ketika tragedi Kanjuruhan Malang dan dinamika penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Erick Thohir menjadi andalan Presiden Jokowi untuk berkomunikasi langsung bersama FIFA agar Indonesia terhindarkan dari sanksi berat.

Tak hanya di ranah profesional, Erick Thohir juga ditunjuk jadi panitia pernikahan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Penunjukkan tersebut membuktikan bahwa Presiden Joko Widodo sangat percaya dengan Erick Thohir.

“Terbukti kegiatan-kegiatan yang sifatnya strategis di era Jokowi, apakah urusan sepak bola, urusan perhelatan-perhelatan NU dan ngunduh mantu Presiden Jokowi,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan