Berkah Ramadan BPKH Ajak Pondok Pesantren Darunnajah Nabung Haji Sejak Dini

Program BPKH Berbagi Berkah Ramadhan Untuk Negeri di Pesantren Darunnajah. (Foto: Dok. Humas BPKH)

Bogortraffic.com, JAKARTA – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengadakan acara “Berbagi Berkah Ramadhan Untuk Negeri” bekerja sama dengan Mitra Kemaslahatan Rumah Zakat di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.

Dalam kegiatan ini, BPKH membagikan 1000 paket bingkisan lebaran senilai Rp250.000.000 melalui Rumah Zakat. Program ini adalah bagian dari serangkaian kegiatan “Berkah Ramadan BPKH” yang dilakukan di seluruh Indonesia dengan tema “Berbagi Berkah Ramadan Untuk Negeri: Nabung Haji Sejak Santri”.

Berita Lainnya

Selain sebagai ajang silaturahmi dan berbagi berkah Ramadan, kegiatan ini juga dimanfaatkan BPKH untuk memberikan edukasi kepada santri mengenai pentingnya haji sejak dini.

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Amri Yusuf, menyatakan bahwa kegiatan ini adalah wujud dukungan mereka dalam mendukung Sosial Keagamaan yang merupakan bagian dari Program Kemaslahatan BPKH.

“Kegiatan Berkah Ramadan BPKH 1445 Hijriyah – Berbagi Berkah Ramadan untuk Negeri di Pondok Pesantren Darunnajah merupakan wujud nyata syiar agama Islam dalam mendukung dakwah serta membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Amri, Rabu (27/3/2024).

BPKH juga mengajak anak muda khususnya santri menabung biaya untuk berangkat haji sejak dini. Tujuannya agar jemaah haji dari Indonesia nantinya sudah ramai berusia muda.

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Sulistyowati, mengungkapkan bahwa jumlah jemaah yang menunggu untuk berangkat haji saat ini berjumlah 5,3 juta orang. Daftar tunggu rata-rata nasional 26 sampai 40 tahun dan khusus di DKI Jakarta sekitar 27 tahun.

“Kegiatan yang dilakukan BPKH dengan mengadakan program Berkah Ramadan adalah juga bagian untuk membangun kesadaran dan mengajak santri mengerti pentingnya mendaftar haji sejak muda,” ungkap Lilis sapaan akrab Sulistyowati.

Ajakan menabung haji sejak muda juga disuarakan oleh konten kreator Fiki Naki yang mengajak ribuan santri Darunnajah segera menabung untuk ibadah haji.

Acara ini juga dihadiri oleh Anggota Dewan Pengawas BPKH M. Dawud Arif Khan, Kepala BPKH Fadlul Imansyah, Anggota Badan Pelaksana BPKH M. Arief Mufraini, CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha, Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah KH. Sofwan Manaf, Wakil Ketua Islamic Dakwah Fund MUI Nur Rohman, Sekretaris Lembaga Pengembangan Pesantren PP Muhammadiyah Din Wahid, serta Camat Pesanggrahan Agus Ramdani.

Total anggaran untuk Program BPKH Berbagi Berkah Ramadan tahun 2024 ini sebesar Rp 12,6 miliar.

Kegiatan kemaslahatan ini menggunakan Nilai Manfaat Dana Abadi Umat, di mana pokoknya tetap dan akan terus bertambah. Sehingga tidak ada dana setoran awal yang digunakan untuk kegiatan Kemaslahatan.

BPKH terus berkomitmen menyalurkan nilai manfaat Dana Abadi Umat (DAU) melalui program kemaslahatan sesuai dengan amanat UU 34 Tahun 2014.

Tak hanya dalam ruang lingkup pelayanan ibadah haji, tapi juga pendidikan dan dakwah, kesehatan, sosial keagamaan, pemberdayaan ekonomi umat, sarana-prasarana ibadah, dan aksi tanggap bencana.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan