Tutup Acara Wirakarya Cabang, Sekda Kota Bogor Ingin Implementasi Nilai Pramuka di Masyarakat

Gerakan Pramuka Kota Bogor sukses menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Wirakarya Cabang Tahun 2023 dengan penekanan pada integrasi nilai-nilai pramuka dalam masyarakat.

Perkemahan yang berlangsung di Lapangan Poncol, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor selama dua malam tiga hari tersebut ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor, Syarifah Sofiah, pada Minggu (15/10/2023).

Berita Lainnya

“Kegiatan ini sebagian besar diikuti penegak, keseluruhan pesertanya ada 169. Jadi kegiatan perkemahan ini lima tahun sekali, kita sudah lama tidak melaksanakan Alhamdulillah tahun ini bisa dilaksanakan kegiatannya,” ungkap Syarifah Sofiah setelah menutup kegiatan.

Perkemahan Wirakarya ini tidak hanya memberikan manfaat materi kepada peserta, tetapi juga bersifat komprehensif. Materi yang disampaikan tidak hanya dipahami oleh peserta namun juga diintegrasikan dan diimplementasikan langsung ke dalam masyarakat.

“Jadi tidak saja hanya diberikan pembekalan secara materi dan wawasan, tapi juga ada kegiatan fisik yang dilakukan sebagai bentuk pengabdian di masyarakat, seperti memberikan bantuan tanaman, kemudian juga membuat pojok baca, rehab masjid dan sebagainya,” jelasnya.

Sekda berharap agar para peserta dapat memiliki pengalaman yang lebih kaya dengan mengimplementasikan langsung apa yang mereka pelajari di masyarakat.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, M. Nurnawaly Amin, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan berkemah dan mengintegrasikan nilai-nilai pramuka dengan kehidupan masyarakat sekitar.

“Ada bakti fisik, ada pojok baca, perbaikan tempat ibadah itu dari fisiknya, kalau non fisiknya yaitu memberikan penyuluhan ke masyarakat,” tambahnya.

Harapannya, kegiatan semacam ini dapat dilanjutkan secara rutin untuk terus memberikan dampak positif dan pengalaman berharga bagi para peserta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan