Pemkab Bogor Gelar Gerakan Pangan Murah untuk Menstabilkan Harga Pangan

Bogortraffic.com, KABUPATEN BOGOR – Sebagai langkah konkret dalam upaya mengendalikan inflasi dan menstabilkan harga pangan, Pemerintah Kabupaten Bogor bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di beberapa titik strategis, termasuk di halaman Kantor Kecamatan Cibinong, Alun-Alun Cirimekar, dan Puskesmas Cirimekar pada hari Senin (4/3). Kegiatan ini turut dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat nasional ke-52 dan Pencanangan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai).

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, bersama para istri menteri dari Kabinet Indonesia Maju yang tergabung dalam OASE, serta perwakilan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Perum Bulog, turut hadir dalam acara ini. Pj. Bupati Bogor dan Pj. Ketua PKK Kabupaten Bogor juga turut mendampingi kegiatan ini.

Berita Lainnya

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, Siti Chomzah, menjelaskan bahwa Gerakan Pangan Murah merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Bogor dalam mengendalikan inflasi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat yang tidak mampu tetap bisa membeli beras dengan harga yang terjangkau,” ungkapnya.

Selain beras, Gerakan Pangan Murah juga menawarkan beragam alternatif pangan, seperti olahan singkong, pisang, dan ubi, sebagai cara mengurangi konsumsi beras dan menghadirkan variasi dalam pola konsumsi masyarakat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor, Asep Mulyana Sudrajat, menambahkan bahwa kegiatan ini melibatkan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bogor, Bapanas, Perum Bulog, dan stakeholder terkait lainnya.

“Ada 11 komoditas pangan yang ditawarkan, dengan fokus utama pada beras. Selain penjualan pangan murah, kami juga memberikan bantuan 1.000 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Sintha Dec Checawati, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor, menyatakan bahwa kerjasama antara Kadin Kabupaten Bogor, Pemerintah Kabupaten Bogor, Bapanas, Perum Bulog, dan pihak lainnya dalam Gerakan Pangan Murah ini bertujuan untuk menekan laju inflasi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Kabupaten Bogor,” tandasnya.

Sintha juga mengucapkan selamat Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, sambil menyoroti kontribusi positif PKK dalam pemberdayaan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan