Pada Rapat Paripurna, Bupati Bogor Sampaikan Rancangan Perubahan APBD 2023

KABUPATEN BOGORBupati Bogor, Iwan Setiawan, mempresentasikan nota keuangan dan rancangan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 pada Rapat Paripurna DPRD pada Jumat (29/9).

Dalam penyampaiannya, Iwan Setiawan menjelaskan beberapa perkembangan yang mempengaruhi pelaksanaan program pemerintah daerah.

Berita Lainnya

“Antara lain, perkembangan pencapaian indikator ekonomi makro Kabupaten Bogor pada triwulan dua atau semester satu yang mempengaruhi kondisi pertumbuhan ekonomi,” kata Iwan Setiawan.

Ia juga mencatat adanya kenaikan pendapatan daerah, baik yang telah diterima maupun yang direncanakan, dengan memperhatikan realisasi penerimaan hingga akhir semester satu.

Selain itu, laporan keuangan daerah tahun anggaran 2022 yang telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI menjadi faktor penurunan sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya atau Silpa yang harus digunakan dalam tahun berjalan.

Iwan menambahkan bahwa persiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2024 juga memerlukan alokasi anggaran.

“Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2024 diperlukan mengalokasikan anggaran untuk mendukung kegiatan tersebut. Berdasarkan pertimbangan hal-hal tersebut, Pemkab Bogor bersama-sama dengan DPRD telah menyepakati kebijakan umum serta prioritas dan plafon anggaran sementara perubahan APBD tahun anggaran 2023,” terang Iwan.

Bupati Iwan Setiawan berharap agar pimpinan dan seluruh anggota DPRD dapat menerima penyampaian rancangan perubahan APBD beserta nota keuangan perubahan APBD tahun anggaran 2023 untuk dibahas di tingkat badan anggaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan