Pemerintah Arab Saudi Tetapkan Idul Adha 28 Juni

Riyadh – Pemerintah Arab Saudi menetapkan Idul Adha jatuh pada 28 Juni mendatang, setelah mengumumkan adanya penampakan bulan sabit Dhul Hijjah pada Minggu (18/6) waktu setempat.

Seperti dilansir Alarabiya News, Senin (19/6/2023), Zulhijah adalah bulan ke-12 dan terakhir dalam kalender Islam, di mana umat Muslim dari seluruh penjuru dunia berkumpul di Mekah untuk menunaikan ibadah Haji — salah satu dari Lima Rukun Islam.

Berita Lainnya

Sembilan hari pertama Zulhijah dianggap sangat sakral, dengan hari ke-9 dikenal sebagai Hari Arafah. Pada hari itu, jutaan jemaah berkumpul di padang Arafah, dekat Mekah, dalam tindakan untuk menunjukkan iman dan pengabdian.

Seperti yang diketahui bahwa penetapan Idul Adha pada 28 Juni mendatang oleh Saudi berbeda dengan keputusan Kementerian Agama yang menetapkan 10 Zulhijah 1444 H atau Idul Adha jatuh pada 29 Juni 2023. Hal tersebut berdasarkan sidang isbat yang digelar pada Minggu (18/6) kemarin

“Sidang isbat secara mufakat bahwa 1 Zulhijah 144 H jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juni 2023 Masehi dan Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023 Masehi,” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan