Pemkot Bogor dan Lapis Sangkuriang Jalin Kerjasama untuk Bangun Ekonomi Lokal Berkelanjutan

bogortraffic.com, Bisnis – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Wali Kota Bima Arya, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bicara Udara dan Lapis Sangkuriang di Teras Balai Kota Bogor pada Jumat (20/10/2023). Kesepakatan ini mencakup kerja sama terkait pengembangan UMKM dan isu lingkungan.

Bima Arya mengatakan bahwa banyak tugas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kini diambil alih oleh pihak ketiga seperti NGO dan start-up.

Berita Lainnya

“Perubahan itu sekarang terjadi dengan lebih cepat dari yang kita kira. Dulu perubahan itu sepuluh tahunan, sekarang lima tahunan dan sekarang setiap tahun,” ujarnya.

Dua agenda yang ditandatangani terkait dengan UMKM dan lingkungan. Bima Arya menyoroti bahwa kerja sama dengan Bicara Udara dan Lapis Sangkuriang dapat memberikan kontribusi lebih efektif, terutama dalam edukasi, riset, dan pelatihan terkait isu-isu lingkungan dan pengembangan UMKM.

“Sama juga dengan UMKM, ketika kita diam teman-teman Lapis Sangkuriang mungkin lebih update databasenya terkait pelaku ekraf dan UMKM. Ketika anggaran kita tidak banyak atau anggaran teralokasikan namun kurang efektif, sebaliknya setiap bulan mereka melakukan pelatihan agar UMKM naik kelas dan sudah melakukan permodalan yang lebih berguna,” jelasnya.

Pendiri dan Pemilik Lapis Bogor Sangkuriang, Rizka Wahyu Romadhona, mengatakan semangat yang sama dalam menciptakan ekonomi lokal yang berkelanjutan dan merawat kearifan lokal Bogor.

Dia berharap kerja sama ini dapat memajukan nilai-nilai kearifan lokal yang memberikan dampak positif bagi kota dan masyarakat.

“Kami berharap kerja sama ini menjadi langkah penting dalam perjalanan kami untuk memajukan nilai-nilai kearifan lokal yang memberikan dampak positif bagi kota dan masyarakat,” ujar Rizka.

Sementara itu, Nanang Siswanto, Direktur Pemasaran Lapis Bogor Sangkuriang, menambahkan bahwa kerja sama ini membentuk ekosistem ekonomi dari hulu ke hilir. Lapis Bogor Sangkuriang, yang sebelumnya telah bekerjasama dengan IPB University, kini akan terlibat lebih dalam dalam pariwisata dan event-event menarik di Bogor melalui kolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan