Pj. Bupati Bogor Tinjau Rumah Rusak akibat Ledakan Gudang Amunisi

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Desa Ciangsana, Gunung Putri. (Foto: Dok. Istimewa)

Bogortraffic.com, GUNUNG PUTRI – Penjabat (Pj) Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, telah memulai proses asesmen terhadap rumah-rumah yang rusak terdampak ledakan Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Hari ini langsung kita lakukan asesmen atas rumah warga yang terkena serpihan-serpihan akibat dari kejadian ledakan tersebut,” kata Asmawa di Gunung Putri, Minggu.

Berita Lainnya

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bogor memiliki waktu 14 hari untuk melakukan asesmen, mulai dari menghitung jumlah rumah yang rusak, berkoordinasi, hingga menentukan langkah-langkah penanganan selanjutnya.

“Informasinya ada yang kaca pecah, pintu tergeser, plafon retak, atap bolong, ini perlu dilakukan asesmen untuk menentukan tingkat kedaruratan, tentu pemerintah baik pusat provinsi dan kabupaten akan membantu masyarakat dalam pemulihan dan rehabilitasi,” ujarnya.

Asmawa juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat untuk menangani rumah-rumah yang rusak.

“Tentu akan didata terlebih dahulu lalu dikoordinasikan dengan Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar untuk tindak lanjut penanganan,” ungkap Asmawa.

Di sisi lain, Kepala Desa Ciangsana, Udin Saputra, menyatakan bahwa sebanyak 324 warga telah mengungsi, terdiri dari 99 perempuan, 99 laki-laki, 40 anak-anak, 25 balita, dan 61 warga dengan status pengontrak.

Dengan kejadian itu, Pemerintah Kabupaten Bogor menyiapkan tiga lokasi pengungsian, termasuk di rumah Kepala Desa Ciangsana, masjid, dan gereja terdekat.

Ia menjelaskan, tempat pengungsian yang di gereja dan masjid sekarang sudah sepi karena mereka lanjut mengungsi mandiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan