Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah yang Perlu Umat Islam Ketahui

Puasa Tarwiyah dan Arafah. (Foto: Dok. iStockPhoto)

bogortraffic.com, BOGOR- Di tengah kesibukan sehari-hari, menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah menjelang Idul Adha adalah kesempatan emas bagi umat Islam untuk meraih pahala berlimpah dan ampunan dosa. Tahun ini, Idul Adha jatuh pada Senin, 17 Juni, yang berarti puasa sunah Tarwiyah dilakukan pada Sabtu, 15 Juni, dan puasa Arafah pada Minggu, 16 Juni.

Menjalankan puasa Tarwiyah dan Arafah bukan hanya sebuah ibadah sunah, tetapi juga sebuah kesempatan untuk meraih pahala berlimpah dan ampunan dosa dari Allah SWT.

Berita Lainnya
lustrasi. Salah satu keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah adalah sama dengan puasa satu tahun penuh. (Foto: Dok. iStockphoto)

Berikut adalah beberapa keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah yang perlu kita ketahui.

1. Pahala Berlimpah

Siapa pun yang menjalani ibadah sunah selama 10 hari pertama di bulan Zulhijah akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Keutamaan ini juga berlaku bagi mereka yang berpuasa Tarwiyah dan Arafah. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada hari-hari di mana amal salih lebih dicintai oleh Allah selain sepuluh hari pertama bulan Zulhijah” (HR. Bukhari). Jadi, menjalankan puasa Tarwiyah dan Arafah pada hari-hari ini adalah kesempatan untuk meraih pahala yang luar biasa.

2. Ampunan Dosa

Puasa Tarwiyah dan Arafah memiliki keutamaan khusus dalam menghapus dosa. Puasa Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun yang lalu, sedangkan puasa Arafah dapat menghapus dosa dua tahun, yaitu dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis: “Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun” (HR. Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar). Dengan berpuasa pada hari-hari ini, umat Muslim memiliki kesempatan untuk mendapatkan ampunan yang besar dari Allah SWT.

3. Berbuat Baik di Hari Istimewa

Sepuluh hari pertama di bulan Zulhijah dianggap sebagai hari-hari yang istimewa dan dicintai oleh Allah SWT. Amalan sunah yang dilakukan selama periode ini, termasuk puasa Tarwiyah dan Arafah, dihitung sebagai perbuatan baik di hari-hari yang istimewa. Oleh karena itu, menjalankan puasa ini bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga, tetapi juga tentang meningkatkan amal baik dan ketakwaan kepada Allah.

4. Sama dengan Puasa Satu Tahun Penuh

Puasa Tarwiyah dan Arafah memiliki keutamaan yang luar biasa dalam hal pahala. Sebuah hadis menyatakan bahwa puasa Tarwiyah seperti berpuasa setiap hari selama satu tahun, sementara puasa Arafah disamakan dengan puasa selama dua tahun penuh. “Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun,” bunyi hadis tersebut. Ini menunjukkan betapa besar pahala yang bisa diraih oleh mereka yang berpuasa pada hari-hari ini.

Dengan memahami keutamaan-keutamaan ini, umat Islam diharapkan dapat lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa ini dan memperbanyak amalan baik selama sepuluh hari pertama di bulan Zulhijah. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan ketakwaan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan