Sambut HJKB ke-213, Ribuan Warga Bebersih Bandung

Bogor Traffic, BANDUNG – Warga Kota Bandung bersiap merayakan Hari Jadi ke-213 dengan serangkaian kegiatan, salah satunya adalah “Bebersih Bandung.” Acara ini diinisiasi sebagai langkah awal dalam rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan kota.

Bebersih Bandung kali ini berlangsung di Alun-alun Kota Bandung dan dipimpin oleh Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna. Dalam sambutannya, Ema Sumarna mengingatkan seluruh peserta untuk memfokuskan perhatian pada penanganan sampah sebagai tantangan utama dalam menjaga kebersihan kota.

Berita Lainnya

“Kita ingin melihat Kota Bandung jauh lebih baik dari hari kemarin. Kita harus mengubah secara bertahap mindset dan juga perilaku dalam menangani persoalan sampah di Kota Bandung. Pasanya, kalau terus dengan pola seperti ini maka kita sebetulnya sedang menunggu bom waktu,” ungkap Ema.

Saat ini, dari 1566 RW di Kota Bandung, sudah ada 234 RW yang menyatakan sebagai Kawasan Bebas Sampah (KBS). Ema berharap gerakan KBS ini akan terus berkembang dan melibatkan lebih banyak warga.

“Jadi ini kita baru syukuri dan ingin terus seperti teori bola salju. Kita ingin menggelindingkan semangat dan mewujudkan visi Kota Bandung sebagai zero waste city,” tambahnya.

Bebersih Bandung melibatkan berbagai kegiatan seperti pembersihan ruas jalan, perbaikan drainase, pengecatan trotoar, serta pemulihan gedung-gedung dari vandalisme. Acara ini mendapatkan perhatian luas dari berbagai lapisan masyarakat, yang terlihat dari partisipasi warga dari seluruh kecamatan di Kota Bandung.

Ema Sumarna juga menegaskan bahwa Bebersih Bandung bukan hanya ajang seremonial belaka, melainkan langkah awal dalam membangun kesadaran kolektif tentang kebersihan kota. Ia berharap semangat kebersihan ini akan terus hidup dan menjadi bagian integral dalam kehidupan warga Bandung.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi momentum yang bisa kita manfaatkan. Hari ini harus jauh lebih baik dari hari kemarin,” tutup Ema Sumarna. Dengan semangat ini, Kota Bandung memasuki tahun jadinya dengan tekad untuk menjadi lebih bersih, indah, dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan