PLN Indonesia Power Kamojang POMU Bersama PPDI Kabupaten Garut Luncurkan Program Pemberdayaan Disabilitas

Bogor Trafiic, Regional – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, menghadiri upacara peresmian program “Pemberdayaan Disabilitas untuk Berkarya, Sejahtera, dan Mandiri” (Pelita Bersama), sebuah Corporate Social Responsibility (CSR) yang diinisiasi oleh PT. PLN Indonesia Power Unit Pembangkit Listrik dan Pelayanan O&M (POMU) Kamojang. Acara tersebut berlangsung di Aula Kantor Dinas Sosial Kabupaten Garut pada Jumat (22/9/2023).

Program Pelita Bersama merupakan inisiatif CSR yang bertujuan memberdayakan masyarakat difabel di Kabupaten Garut dengan fokus pada produksi jamur. Tujuannya adalah meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan kaum disabilitas di wilayah tersebut.

Berita Lainnya

Wakil Bupati Garut mengungkapkan apresiasi kepada PT. PLN Indonesia Power Kamojang POMU atas dukungannya terhadap kaum disabilitas di Garut. Program ini bukan hanya membantu dalam produksi jamur, tetapi juga memberikan pelatihan kepada penyandang disabilitas untuk mengolah jamur menjadi produk bernilai tambah seperti steak, kerupuk, dan bakso jamur.

“Program ini merupakan inovasi yang sangat berarti, dan saya ingin berterima kasih kepada semua yang terlibat, termasuk anggota Perkumpulan Penyayang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Garut,” ucapnya.

Wakil Bupati berharap program ini dapat melibatkan lebih banyak penyandang disabilitas di masa depan. Saat ini, program ini melibatkan 36 orang, sementara anggota PPDI mencapai 500 orang dan jumlah difabel di Garut mencapai lebih dari 1.100 orang.

Ibnu Agus Santosa, Senior Manager PT. PLN Indonesia Power Kamojang POMU, menjelaskan program CSR “Kumbung Jamur” dengan teknologi Internet of Things (IoT) memungkinkan petani penyandang disabilitas mengendalikan lahan pertanian secara digital.

Program CSR ini adalah hasil kolaborasi antara PT PLN Indonesia Power Kamojang POMU dan PPDI Kabupaten Garut. Ini menunjukkan komitmen mereka dalam membawa dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Santosa menegaskan bahwa program CSR ini adalah bagian dari visi berkelanjutan, dengan rencana yang dirancang untuk berlangsung selama lima tahun. Produk turunan dari jamur telah sukses memperluas jangkauannya di pasaran.

Kolaborasi yang kuat antara PT PLN Indonesia Power Kamojang POMU dan PPDI Kabupaten Garut adalah contoh nyata bagaimana program CSR dapat membawa perubahan nyata dan berkelanjutan dalam komunitas. Melalui kerja sama yang berlanjut, mereka membuktikan bahwa komitmen yang berkelanjutan dapat menghasilkan perubahan positif yang signifikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan