Tingginya Angka Bencana di Kota Bogor, Alokasi Dana BTT Naik 3 Kali Lipat

Bogortraffic.com, KOTA BOGOR – Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto, mengumumkan bahwa alokasi dana Biaya Tak Terduga (BTT) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 untuk penanganan bencana di wilayahnya telah meningkat hampir tiga kali lipat.

Atang menjelaskan bahwa alokasi BTT tahun ini meningkat signifikan mengingat tingginya jumlah kejadian bencana di Kota Bogor tahun lalu. Total alokasi BTT untuk tahun 2024 mencapai Rp98,5 miliar.

Berita Lainnya

“Meskipun alokasi dana BTT cukup besar, kita tidak boleh menunggu untuk penggunaannya. Pemerintah Kota Bogor harus segera mengambil langkah-langkah penting mengingat situasi yang ada saat ini,” ujar Atang.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, selama tahun 2023 tercatat 1.011 kejadian bencana alam dan non-alam.

Kejadian bencana alam tahun lalu didominasi oleh tanah longsor sebanyak 271 kejadian, pohon tumbang 246 kejadian, dan bangunan roboh akibat hujan deras 222 kejadian.

Selain mengandalkan alokasi dana BTT, Atang juga meminta Pemerintah Kota Bogor untuk memperkuat program pemeriksaan kesehatan pohon. Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor memiliki program KTP Pohon yang rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ribuan pohon di wilayahnya. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi risiko kejadian bencana terkait pohon di Kota Bogor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan