Gerakan Pramuka Kota Bogor Inginkan Program DKC Lahirkan Pemimpin Masa Depan

Kota Bogor – Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor, Syarifah Sofiah melantik Pergantian Antar Waktu (PAW) II DKC (Dewan Kerja Cabang) Masa Bakti 2020-2025 di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Minggu (11/6/2023).

Kak Syarifah sapaannya menginginkan agar program kerja DKC mampu melahirkan pemimpin masa depan melalui pendidikan dan pembekalan.

Berita Lainnya

“Saya ingin lulusan DKC tumbuh menjadi pemimpin yang mampu berbicara banyak, tidak hanya di Kota Bogor. Dunia saat ini borderless, raihlah kepemimpinan di pusat, regional maupun nasional. Siapkanlah bekal jelang Indonesia Emas 2045 yang diprediksi sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi,” kata Syarifah saat memberikan arahan.

Dalam PAW yang merupakan pelantikan kedua ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor ini berpesan kepada yang sudah dilantik agar semangat menjalankan tugas, amanah yang diberi, jangan malas dan bersama-sama menjalankan amanah.

Apresiasi disampaikannya bagi para orangtua yang berhasil mendidik anak-anaknya hingga sampai di tahap ini. Pasalnya, diluar sana banyak anak-anak remaja yang terjebak hal-hal negatif.Bersama pihak lain kata dia, Kota Bogor terus berupaya menjadi Gerakan Pramuka sebagai kawah candradimuka dalam memberikan pendidikan yang memiliki integritas tinggi.

“Terima kasih bagi orang tua yang telah menemani, mendidik dan mendampingi anak-anak sampai ke batas mereka. Berhasil menjadi mandiri dan menjadi pemimpin di masa depan kelak,” ungkapnya.

DKC menurut Syarifah penting bagi Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, karena para anggota DKC adalah calon-calon pengganti para pengurus Kwarcab di masa depan.

Sebab, Kwarcab ini memerlukan para personel yang memiliki pengabdian, berintegritas, rasa cinta kepada kwarcab sehingga mau berkorban, terutama di DKC yang terus menerus hadir sebagai anggota, berlanjut menjadi andalan hingga menjadi pengurus menggantikan pengurus yang ada saat ini.

Selain itu Syarifah mengajak DKC untuk mencari dan menyediakan informasi bagi yang membutuhkan, baik bagi yang ingin memasuki dunia kerja maupun bagi yang ingin melanjutkan pendidikan. Jalin kerja sama dengan perangkat daerah terkait sehingga pihak yang membutuhkan akan datang ke DKC.

“Jadi tidak keluar dari DKC tetapi memerlukan DKC karena informasi-informasi itu ada di DKC sehingga membuat solid. Selain informasi, kuasai IT, mau tidak mau, siap tidak siap digitalisasi akan menjadi ‘teman’ kita sehari-hari. Jangan malu dan harus berani mencari informasi dan jangan malu untuk berkomunikasi. Pelajari SOP keprotokolan yang selalu berkembang, semoga yang baru dilantik siap untuk belajar dan berlari, sesuai dengan motto Kota Bogor, Berlari. Kalian di tahun 2045 kalian berada di usia produktif tinggi. Raihlah kesempatan emas ini dengan menjadi generasi emas demi terwujudnya Indonesia Emas 2045,” kata Syarifah.

Khusus untuk unit protokol yang baru saja dilantik, diharapkan harus menjadi yang terdepan terkait acara atau agenda maupun informasi agenda Gerakan Pramuka Kota Bogor.

“Tumbuhkan rasa percaya diri dan pelajari detail, karena dengan kebiasaan bekerja secara detail akan memberikan manfaat ketika bekerja maupun mengabdi di tempat lain,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan