Bos PT Mulya Karya Beri Masukan Penting dalam Penanganan Jalan Rusak di Kota Bogor

KOTA BOGOR – CEO PT Mulya Karya, Ronald Aristone Sinaga atau yang akrab disapa Bro Ron, hadir dalam pengecekan persiapan pemasangan girder Jembatan Otista di Kota Bogor bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya pada Selasa (24/10/2023). Dalam kesempatan tersebut, Bro Ron memberikan masukan berharga terkait penanganan jalan yang rusak.

Menurut Bro Ron, langkah minimal untuk mencegah kerusakan jalan adalah menutup keretakan dengan sealant agar air tidak meresap ke dalam.

Berita Lainnya

“Retakan yang ada merubah menjadi lubang dalam waktu singkat,” katanya.

Bro Ron menjelaskan bahwa keretakan kecil yang diabaikan akan memperbesar risiko kerusakan saat terkena hantaman ban kendaraan dan terpapar air hujan.

Dalam konteks penambalan jalan berlubang, Bro Ron menekankan perlunya proses penggalian dengan kedalaman minimal 4 cm agar penambalan dapat menahan beban yang diterima. Metode ini bertujuan untuk mencegah jalan menggunung setelah proses penambalan.

“Kalau retak langsung ditutup saya bisa jamin 100 persen tidak akan ada lubang di jalan. Tapi kalau sudah retak, kemudian air sudah turun ke bawah dan menyebar, maka pondasi jalan akan rusak sehingga permukaan aspal ikut turun dan dampak dari keretakannya semakin menyebar sehingga menjadi kubangan atau lubang yang dapat membahayakan para pengguna jalan,” jelasnya

Bro Ron juga menyoroti pentingnya drainase yang baik sebagai upaya pencegahan. Dia menekankan perlunya elevasi jalan yang benar dan kemiringan minimal dua derajat, sekaligus memastikan saluran air atau drainase agar air hujan dapat mengalir dengan baik.

“Kalau kita lihat ada jembatan kebanjiran, maka antara jalannya tidak ada kemiringan atau saluran airnya tersumbat,” Jelas Bro Ron

Bima Arya berencana mengajak Bro Ron untuk ikut dalam patroli Tim Tangkas di sekitar Kota Bogor.

“Nanti kita ajak keliling dengan tim Tangkas, saya ingin dapat ilmunya, keliling melihat jalan yang berlubang atau lainnya, apa penyebabnya dan bagaimana pencegahan atau solusinya,” kata Bima Arya.

Bima Arya mengungkapkan keinginannya untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai kondisi jalan yang berlubang, penyebabnya, dan solusi pencegahan dari seorang ahli seperti Bro Ron. Ini merupakan langkah konkret dalam upaya peningkatan kualitas infrastruktur jalan di Kota Bogor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan