Tradisi Bagi-bagi THR Saat Idulfitri di Indonesia dan Arab Saudi

Ilustrasi tradisi THR. (Foto: Dok Istimewa)

Bogortraffic.com, GAYA HIDUP– Perayaan Idulfitri di Indonesia selalu identik dengan tradisi bagi-bagi uang THR kepada saudara dan kerabat. Ternyata, tradisi bagi-bagi uang THR tidak hanya berlaku di Indonesia, melainkan juga hingga ke Arab Saudi.

Sebagai negara mayoritas Muslim dengan tradisi Islam yang kuat, Arab Saudi memiliki budaya memberikan THR kepada kerabat dan sanak saudara.

Berita Lainnya

Masyarakat Saudi memulai Idul Fitri dengan salat berjamaah di berbagai masjid, mengenakan pakaian terbaik khusus untuk perayaan Idulfitri. Setelah salat, mereka berkumpul dengan keluarga besar untuk bersantap makanan tradisional khas Saudi.

Selain berkumpul dengan keluarga, tradisi pembagian uang Hari Raya, yang disebut Eidiyah, juga turut menjadi bagian dari perayaan tersebut. Seorang warga Saudi, Madiha Seif, mengungkapkan bahwa pembagian uang THR menjadi salah satu momen yang dinantikan dalam perayaan Idulfitri di Arab Saudi.

Tradisi bagi-bagi uang THR juga diterapkan oleh perusahaan di Arab Saudi. Seorang warga negara Indonesia yang tinggal di Jeddah menyebutkan bahwa semua perusahaan diwajibkan memberikan THR kepada karyawan mereka, mirip dengan tradisi di Indonesia.

Dengan demikian, tradisi memberikan THR saat Idulfitri tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga merupakan bagian dari perayaan Idulfitri di negara Arab, menunjukkan kesamaan dan kekayaan budaya dalam merayakan momen penting ini di seluruh dunia Muslim.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan