Pj. Bupati Bogor Harapkan SOIna Jadi Penggerak Pengembangan Olahraga di Kabupaten Bogor

Acara pelantikan ketua dan pengurus SOIna Kabupaten Bogor untuk masa bakti tahun 2024-2028, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong, pada Minggu (23/6/24). (Dok. Diskominfo Kabupaten Bogor)

bogortraffic.com, CIBINONGPj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, berharap kehadiran pengurus Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Bogor dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan olahraga di wilayah tersebut. Harapan ini disampaikan Asmawa dalam acara pelantikan ketua dan pengurus SOIna Kabupaten Bogor untuk masa bakti tahun 2024-2028, yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong, pada Minggu (23/6/24).

Pelantikan ini dipimpin oleh Ketua SOIna Jawa Barat, Parsaoran, dan dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh, termasuk Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, perwakilan Forkopimda, Ketua SOIna Kabupaten Bogor Ahmad Azwari, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris DPRD, Ketua KORMI Kabupaten Bogor, serta unsur KONI Kabupaten Bogor dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Berita Lainnya

Pj. Bupati Asmawa Tosepu mengungkapkan bahwa pelantikan pengurus SOIna ini memberikan semangat baru bagi Pemkab Bogor dalam upaya pembinaan olahraga di wilayahnya.

“Saya berharap SOIna di Kabupaten Bogor dapat memberi warna dalam rangka pengembangan olahraga. Dan semoga ini menjadi titik awal untuk membangkitkan semangat olahraga di Kabupaten Bogor,” ujar Asmawa.

Ia juga menjelaskan bahwa SOIna adalah lembaga yang didirikan dari tingkat nasional hingga kabupaten/kota untuk melakukan pembinaan olahraga khusus bagi penyandang disabilitas intelektual.

selain itu, Asmawa meminta agar pengurus segera menyusun rencana pembinaan olahraga secara komprehensif, terukur, dan realistis, serta melakukan konsolidasi dan membangun sinergi dengan berbagai pihak, terutama para stakeholder di bidang olahraga.

“Dengan jumlah penduduk sekitar 5,7 juta jiwa dan sarana serta prasarana yang ada, Kabupaten Bogor memiliki peluang besar untuk pembinaan olahraga. Mari kita susun cetak biru atau blueprint pengembangan keolahragaan di Kabupaten Bogor,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua SOIna Jawa Barat, Parsaoran, mengingatkan pengurus yang baru dilantik untuk tetap semangat dalam mengabdikan diri dan meningkatkan prestasi olahraga bagi penyandang disabilitas intelektual di Kabupaten Bogor.

“Tugas berat kini ada di pundak para pengurus yang baru. Jaga kolaborasi, dan sebagai mitra pemerintah di bidang keolahragaan, jaga sinergi dan komunikasi yang baik dengan Pemkab Bogor,” pesan Parsaoran.

Selain itu, Ketua SOIna Kabupaten Bogor, Ahmad Azwari, menjelaskan bahwa SOIna Kabupaten Bogor merupakan organisasi yang membina anak-anak dengan talenta khusus atau difabel intelektual. Ia mengajak semua pihak untuk mendukung SOIna dalam menghadirkan kebahagiaan dan prestasi bagi anak-anak tersebut.

“Kami telah menyiapkan program baik jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk membentuk tujuh klub SOIna di Kabupaten Bogor yang difokuskan di tingkat SMP,” jelasnya.

Ahmad menambahkan bahwa dengan dukungan Pemkab Bogor, SOIna akan melaksanakan kejuaraan tingkat kabupaten dengan delapan cabang olahraga yang diperlombakan pada bulan September dan Oktober, serta SOIna Cup yang direncanakan pada bulan Agustus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan