Organisasi Olahraga SOIna Kabupaten Bogor, Ketua DPRD: Dipastikan Dapat Perlakuan Setara

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Jamin kesetaraan SOina. (Dok. Istimewa)

bogortraffic.com, CIBINONG – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menyatakan dukungannya terhadap kehadiran Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Bogor sebagai organisasi yang berfokus pada olahraga bagi penyandang disabilitas intelektual.

Rudy Susmanto, politikus Partai Gerindra, menegaskan bahwa SOIna Kabupaten Bogor akan mendapatkan hak yang sama dalam perhatian anggaran dan fasilitas, sebagaimana yang sudah diterima oleh KONI, KORMI, dan NPCI dari Pemkab Bogor.

Berita Lainnya

“Selamat datang SOIna Kabupaten Bogor. Semoga ini akan menjadi ruang baru untuk para atlet disabilitas intelektual di Kabupaten Bogor yang memiliki talenta olahraga,” ujar Rudy Susmanto, pada Minggu (23/6/24).

Ia meminta semua pihak memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang akan dilakukan oleh SOIna maupun organisasi olahraga lain di Kabupaten Bogor. SOIna sendiri sudah diakui dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

“Tidak ada alasan bagi Pemkab Bogor untuk tidak mendukung penuh SOIna Kabupaten Bogor yang dipimpin oleh Ahmad Azwari, mantan perenang paralympics nasional yang sering menyabet berbagai medali emas di ajang Peparda, Peprnas, dan ASEAN Para Games,” lanjut Rudy.

Rudy juga mengingatkan bahwa keberadaan SOIna menunjukkan kepedulian tinggi dari elemen masyarakat terhadap pembinaan olahraga siswa SLB di Kabupaten Bogor.

“Saat ini, jarang sekali ada kegiatan olahraga antar SLB se Kabupaten Bogor yang menjadi program Dispora Kabupaten Bogor. Mudah-mudahan, dengan adanya SOIna, kegiatan olahraga antar SLB akan lebih sering digelar di Kabupaten Bogor,” kata Rudy.

Selain itu, Rudy mendukung penuh rencana SOIna Kabupaten Bogor untuk menggelar kejuaraan olahraga pada 5 Juli 2024 di Area Pakansari, dan berharap Dispora atau SKPD lainnya dapat mengakomodir SOIna sebagai organisasi olahraga yang sudah diakui berdasarkan Undang-Undang tentang Keolahragaan.

“Intinya, Pemkab Bogor dan DPRD Kabupaten Bogor akan memberikan perlakuan yang sama kepada semua organisasi atau lembaga keolahragaan yang sudah ada dalam undang-undang,” tegas Rudy.

Sementara itu, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, juga menyatakan harapannya agar kehadiran SOIna dapat mewarnai pengembangan olahraga di Kabupaten Bogor.

“Saya berharap SOIna di Kabupaten Bogor dapat memberi warna dalam pengembangan olahraga, dan semoga ini menjadi titik awal untuk membangkitkan semangat olahraga di Kabupaten Bogor,” kata Asmawa.

Asmawa menambahkan bahwa SOIna merupakan lembaga yang dibentuk dari tingkat nasional hingga kabupaten/kota untuk melakukan pembinaan olahraga yang khusus bagi penyandang disabilitas intelektual.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan