Penertiban Pedagang di Puncak Bogor, Pj Bupati Bogor: Ekonomi PKL Puncak Lebih Baik Usai Pindah ke Rest Area

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Rest Area Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (24/6/2024). (Dok. ANTARA/M Fikri Setiawan)

bogortraffic.com, KABUPATEN BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memastikan akan memberikan jaminan dan kenyamanan berusaha kepada para pedagang di kawasan Puncak melalui pemanfaatan dan pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana di Rest Area Gunung Mas Puncak.

Hal ini ditegaskan oleh Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, saat melakukan penataan lapak para pedagang di kawasan Puncak pada Senin (24/6/24).

Berita Lainnya

Asmawa Tosepu mengungkapkan bahwa pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana, termasuk penyambungan air bersih yang diberikan secara gratis, serta pelayanan air lainnya, akan disediakan untuk kenyamanan masyarakat saat berusaha di rest area tersebut.

Menurut Asmawa, ada 300 pedagang yang sudah menandatangani kontrak untuk menempati rest area Puncak, artinya 70 persen pedagang di kawasan Puncak telah setuju untuk dipindahkan ke Rest Area Gunung Mas yang telah disediakan.

“Penertiban ini tetap berjalan dan ketika pedagang sudah masuk rest area, kebutuhan mereka akan dipenuhi agar rest area ini bermanfaat. Kami ingin menghadirkan kenyamanan berusaha sehingga pengunjung ramai terpusat di rest area,” jelas Pj. Bupati Bogor.

Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Cecep Iman, menjelaskan bahwa penataan dilakukan secara gabungan bersama TNI dan Polri terhadap 331 bangunan liar tanpa izin, yang akan dipindahkan ke Rest Area Gunung Mas Puncak. Sedikitnya 500 kios telah disiapkan bagi para pedagang di kawasan Puncak.

“Ini upaya penataan yang kami lakukan secara humanis. Selain aman dan nyaman, Puncak ini menjadi sentra wisata Kabupaten Bogor. Di rest area ini, mereka bisa berjualan produk-produk yang berhubungan dengan wilayah Kabupaten Bogor,” terang Cecep Iman.

Selain itu, Direktur PT. Sayaga Wisata Kabupaten Bogor, Supriadi Jufri, menambahkan bahwa fasilitas sarana dan prasarana akan terus dipenuhi, ditambah dengan fasilitas wisata penunjang lainnya.

“Kami yakin dan optimis rest area ini akan ramai dan bisa menjadi pusat usaha yang menguntungkan bagi masyarakat, terutama para pedagang di kawasan Puncak,” imbuh Supriadi Jufri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan