Pemkot Bogor Bangun Fasilitas dan Penataan di Pasar Kebon Kembang

Kota Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini tengah berupaya meningkatkan penataan kawasan Pasar Kebon Kembang dengan membangun fasilitas untuk pejalan kaki dan melakukan perbaikan saluran drainase.

Wali Kota Bogor, Bima Arya turut langsung mengecek proses penataan tersebut sambil melakukan sosialisasi kepada para pedagang, mengingat ada dua kegiatan pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung di Pasar Kebon Kembang.

Berita Lainnya

Bima Arya mengatakan bahwa penataan kawasan Pasar Kebon Kembang telah berlangsung selama 10 tahun dan saat ini pihaknya tengah merancang skenario penataan, termasuk relokasi pedagang yang akan dipindahkan. Selain itu, tahapan pengerjaan juga sedang dihitung, termasuk perbaikan pada area pedestrian.

“Ya, ini sudah 10 tahun begini-begini aja, jadi sekarang kita matangkan skenario, skenario satu, skenario relokasi pedagang kemana, sedang dihitung. Kedua, tahapan pengerjaannya seperti apa, karena ada beberapa kegiatan penataan pedestrian,” kata Bima Arya

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina, mengungkapkan bahwa penataan Pasar Kebon Kembang telah melalui tahap perencanaan dan lelang pekerjaan. Proses penataan dimulai dengan pembangunan lanjutan trotoar di Jalan Dewi Sartika, termasuk persiapan, pembongkaran, pekerjaan drainase, dan pembangunan trotoar dan planter. Pekerjaan ini ditangani oleh PT Putra Bangsa Inovasi sebagai pemenang lelang dengan nilai Rp. 8.610.195.617,00.

Pembangunan dan penataan trotoar di Jalan Dewi Sartika mencakup wilayah dari seberang Masjid Agung Kota Bogor hingga Simpang MA Salmun, dengan progres pekerjaan saat ini telah mencapai simpang Jalan Pengadilan.

Selain itu, penataan trotoar juga dilakukan di kawasan Alun-alun Kota Bogor, yakni dari Jalan Nyi Raja Permas menuju Jalan MA Salmun. Pekerjaan pembangunan trotoar ini ditangani oleh CV Maju Maju Mapan dengan anggaran dari Dinas PUPR sebesar Rp 5.527.748.426,00.

Dalam proses pekerjaan tersebut, Satpol PP Kota Bogor berperan penting dalam melakukan penertiban di lokasi yang akan dibangun trotoar, khususnya kepada para pedagang yang sebelumnya sudah mendapatkan sosialisasi di Jalan Dewi Sartika. Kolaborasi dengan Dishub, wilayah, Perumda Pasar Pakuan Jaya, dan pengelola Blok C dan D juga dilakukan untuk mengkoordinasikan penataan kantong parkir dan saluran drainase.

“Iya kita koordinasi dengan Satpol PP, Dishub, wilayah, terkait PKL yang ada di sini. Kita juga koordinasi juga dengan Perumda Pasar Pakuan Jaya dan pengelola Blok C dan D mengenai kantong parkirnya, saluran drainasenya dan lain-lain, karena kita penataannya mau bagus semuanya,” katanya

Dengan upaya ini, Pemkot Bogor berharap dapat memperbaiki dan meningkatkan fasilitas serta tampilan kawasan Pasar Kebon Kembang sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat dan para pedagang. Penataan yang lebih baik diharapkan akan meningkatkan kenyamanan dan efisiensi dalam beraktivitas di pasar ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan