BPBD Bogor Tangani Banjir yang Merendam 12 Rumah di Cigudeg

BPBD Kabupaten Bogor Tangani Banjir yang Merendam 12 Rumah di Cigudeg. (Foto: Dok. ANTARA/Fikri)

bogortraffic.com, BOGOR- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menangani dampak banjir yang merendam 12 unit rumah di Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, pada Rabu (12/06/2024) malam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, M. Adam Hamdani, menyatakan bahwa timnya telah melakukan tindakan sesuai dengan standar operasional prosedur kebencanaan. Petugas BPBD menggunakan mesin pompa untuk menyedot genangan air di rumah-rumah warga dan membantu membersihkan sisa-sisa lumpur yang terbawa dari sungai.

Berita Lainnya

“Hujan deras dengan intensitas tinggi menyebabkan luapan aliran Kali Cilame, yang mengakibatkan banjir di pemukiman warga dengan ketinggian air sekitar 1 meter,” ungkap Adam.

Banjir terjadi sejak pukul 17.00 WIB saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Sebanyak 12 unit rumah yang terendam dihuni oleh 16 kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 67 jiwa. Lima KK atau 20 jiwa di antaranya terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya yang masih berada di alamat yang sama.

Air mulai surut pada pukul 18.30 WIB, dan tim BPBD sedang membersihkan lumpur dengan metode penyemprotan serta penyedotan air yang masih menggenang di dalam rumah warga.

Adam menegaskan bahwa banjir tersebut tidak menyebabkan korban jiwa dan tidak menimbulkan kerusakan pada bangunan milik warga maupun sarana dan infrastruktur lingkungan. Namun, dia mengungkapkan bahwa masyarakat setempat masih membutuhkan bantuan logistik dan penanganan lebih lanjut dari dinas terkait.

“Air sudah surut dan tim sedang membersihkan lumpur dengan metode penyemprotan serta penyedotan air yang menggenang di dalam rumah warga,” ujarnya.

BPBD Kabupaten Bogor telah melakukan langkah-langkah sesuai dengan prosedur kebencanaan dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan kebutuhan logistik dan penanganan lebih lanjut dapat diberikan kepada warga terdampak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan