Alasan Kesehatan Enam Calon Jemaah Haji asal Bogor Batal Berangkat ke Makkah

Calon Jemaah Haji asal Bogor. (Foto: Dok Pemprov Jabar)

bogortraffic.com, BOGOR – Sebanyak enam orang calon haji asal Kabupaten Bogor, Jawa Barat, batal diberangkatkan ke Makkah, Arab Saudi, tahun ini karena alasan kesehatan.

Sub Koordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Luki Gema Safari, mengungkapkan hal ini di Cibinong pada Kamis (6/6/2024).

Berita Lainnya

“Yang sudah dipastikan tidak berangkat ada enam orang, salah satu penyebabnya tidak laik terbang karena cuci darah, ada juga yang karena penyakit gula,” jelas Luki.

Enam calon haji ini dinyatakan tidak laik terbang setelah diperiksa oleh tim kesehatan Embarkasi. Sebagian dari mereka bahkan dirujuk ke RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi untuk perawatan lebih lanjut.

Satu dari enam calon haji tersebut diketahui istrinya sedang hamil 30 pekan, sehingga keberangkatannya pun ditunda hingga tahun depan. Lima calon haji lainnya, setelah dipastikan batal berangkat tahun ini, akan kembali diperiksa kesehatannya untuk memastikan kelaikan mereka berangkat di musim haji tahun depan.

“Kalau mereka laik berangkat ya bisa diberangkatkan, tetapi kalau tidak laik, mereka bisa digantikan oleh pihak keluarga dengan mengurus ke Kemenag,” tambah Luki.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan